1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     9 Maret 2018 09:00

    Waspada, stres bisa picu 8 penyakit tak terduga ini

    Stres juga mampu menyebabkan beberapa masalah pada tubuh yang sebenarnya sepele, tapi cukup mengganggu.

    Feed.merdeka.com - Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, bisa berpotensi menghadirkan stres. Lalu kenapa stres banyak disebut sebagai sumber dari segala macam penyakit?

    Saat stres, tekanan darah akan meningkat yang menjadi penyebab munculnya tekanan darah tinggi. Stres berlebihan juga bisa menyebabkan depresi bahkan gangguan kejiwaan.

    Namun, stres juga mampu menyebabkan beberapa masalah pada tubuh yang sebenarnya sepele, tapi cukup mengganggu.

    Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini beberapa penyakit sepele yang muncul akibat stres dan cara menyembuhkannya.

    1. Gatal-gatal

    Gatal-gatal belum tentu disebabkan oleh alergi. Stres mungkin bisa menjadi salah satu penyebab tubuh Anda terkena gatal-gatal.

    Ketika Anda mengalami stres berlebih, sistem kekebalan tubuh akan terganggu. Tubuh Anda akan melepaskan histamin untuk melawan perasaan tersebut. Jika stres tidak hilang, tubuh akan mengeluarkan reaksi alergi dan menjadi masalah gatal-gatal.

    Kulit juga bisa menjadi terganggu oleh hal-hal seperti sabun, dingin, panas, losion, atau deterjen. Hal ini bisa dikurangi dengan handuk dingin di daerah yang terkena gata. Jika tidak berhasil, minumlah antihistamin.

    2. Berat badan naik turun

     

    "Stres memicu pelepasan hormon kortisol. Mengganggu kemampuan tubuh memproses gula darah dan mengubah cara metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat yang dapat menyebabkan penambahan atau pengurangan berat badan," kata Shanna Levine, MD, perawat utama dan instruktur klinis di Icahn School of Medicine at Mount Sinai di New York.

    Pola hidup juga bisa berubah ketika Anda dalam keadaan stres. Untuk itu, mengunyah kacang bisa membantu masalah ini. Protein akan membantu jika Anda terlalu banyak makan.

    3. Pusing terus-menerus

    Jika sering merasa pusing dan terjadi terus-menerus, ini mungkin karena Anda stres. Stres melepaskan zat kimia yang dapat menyebabkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah di otak. Apabila sering migrain, stres dapat memperburuk hal tersebut.

    Otot menjadi tegang saat stres dan ini menyebabkan sakit kepala. Jika Anda tidak ingin mengonsumsi ibuprofen, oleskan minyak lavender atau minyak peppermint ke pelipis kepala ketika pusing.

    Waspada, stres bisa picu 8 penyakit tak terduga ini (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES