1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     8 Maret 2018 19:31

    Hati-hati, ini bahaya bakteri yang terkandung dalam melon kuning

    Infeksi ini menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti bayi, wanita...

    Feed.merdeka.com - Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh informasi dari Badan Karantina Pertanian yang merilis bahaya rock melon Australia (cantaloupe) atau melon kuning. Buah tersebut dilaporkan telah tercemar bakteri listeria dan menyebabkan kematian empat warga Australia. Bahkan Kementerian Pertanian telah menutup pemasukan rock melon dari Australia ke Indonesia.

    Kejadian ini seperti kembali mengingatkan pada kasus buah apel impor yang tercemar bakteri yang sama. Ini semakin menandakan bahwa bakteri listeria perlu diwaspadai dan dicegah agar tidak semakin menginfeksi. Sebenarnya, apa itu bakteri listeria? Seberapa besar bahayanya untuk tubuh?

    Seperti dikutip dari hellosehat, infeksi listeria atau listeriosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Infeksi ini menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh yang lemah, seperti bayi, wanita hamil, diabetesi, dan pasien kanker.

    Bakteri ini dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang terbuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi (silage), dan sumber-sumber alami lainnya seperti feses ternak.

    Bakteri ini dapat menginfeksi manusia yang mengonsumsi makanan yang mudah atau sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Selain rock melon, beberapa makanan yang mudah terkontaminasi bakteri listeria di antaranya adalah.

    Daging mentah atau tidak dimasak hingga matang. Makanan laut mentah atau hewan laut yang tidak dimasak hingga matang, dan susu yang tidak dipasteurisasi serta keju lunak.

     

     

    Waspadai melon kuning

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES