1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     8 Oktober 2017 20:01

    Terungkap, ini penjelasan ilmiah soal keberadaan hantu

    Para ilmuwan menyebutkan bahwa ketika seseorang meninggal, energi dalam tubuh orang yang telah mati tersebut memang.

    Feed.merdeka.com - Membicarakan tentang hantu memang tidak ada habisnya. Fakta tentang hantu selalu saja menarik untuk dibahas. Bahkan baru-baru ini di Lumajang, Jawa Timur ada sekolompok anak yang mengejar hantu, dan videonya menjadi viral.

    Meski banyak tayangan televisi, film dan dokumenter yang ingin membuktikan adanya hantu, namun konsep hantu tetap ditolak oleh sains. Para pemburu hantu modern percaya bahwa sains hanya belum bisa membuktikan. Bagi mereka, hal tersebut sama sekali tak membuktikan bahwa hantu itu tidak ada.

    Dilansir laman Live Science, banyak yang percaya bahwa teori milik Albert Einstein menawarkan penjelasan ilmiah tentang realitas dari hantu. Salah satunya bisa dilihat dari sebuah buku berjudul Ghosthunter yang ditulis oleh peneliti hantu bernama John Kachuba.

    Peneliti hantu itu menulis bahwa, "Einstein membuktikan bahwa energi di alam semesta ini adalah hal yang konstan dan hal tersebut tak bisa diciptakan maupun dihancurkan. Jadi apa yang terjadi ketika seseorang mati, energi seseorang harusnya bertransformasi ke bentuk energi lain. Harusnya kita bisa menyebut bentuk energi baru ini dengan hantu."

    Gagasan yang dilandasi dari teori Einstein ini dipercaya secara luas oleh para pemercaya hantu. Namun, lagi-lagi hal ini ditolak oleh para ilmuwan. Para ilmuwan menyebutkan bahwa ketika seseorang meninggal, energi dalam tubuh orang yang telah mati tersebut memang bertransformasi, namun tidak dalam bentuk hantu.

    Energi yang berada dalam tubuh seseorang dilepaskan dalam bentuk panas, lalu dilepaskan ke lingkungan tempat seseorang dikebumikan. Sehingga energi ditransfer ke hewan atau bakteri yang memakan tubuh manusia, serta tumbuhan yang menyerap berbagai hal di jasad seseorang yang berguna bagi tumbuhan tersebut.

    Hal ini juga berlaku sebaliknya. Ketika memakan daging hewan atau tumbuhan, kita menyerap energi yang ada di dalamnya dalam bentuk nutrisi. Tentu hewan-hewan di luar sana tidak muncul dalam bentuk hantu.

    Meski ada penjelasan demikian, mereka yang percaya hantu tetap meyakini bahwa hantu itu ada. Mereka tetap mencoba membuktikan dengan mencari medan listrik yang mungkin dihasilkan oleh hantu, dengan asumsi setiap makhluk hidup selalu menyimpan arus listrik di tubuhnya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES