1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Indra    2 Juli 2015 12:25

    Terkikisnya Empati Manusia dengan Banyaknya Selfie di Lokasi Bencana

    Perilaku ini menunjukkan kurangnya empati dan egois luar biasa.

    Feed - Saat bencana datang seharusnya jadi momen di mana segala bentuk empati bermunculan. Sayangnya, ketika berbagai pihak berupaya menolong sesama, beberapa orang lainnya malah asyik berfoto dan selfie di lokasi kejadian.

    Hal ini terekam saat musibah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di daerah permukiman di Medan, Sumatera Utara, Selasa, 30 Juni 2015. Foto yang diunggah pemilik akun facebook bernama Aldy Mulia Hati Setya memperlihatkan dua orang wanita yang asyik berfoto dibantu oleh satu anggota kepolisian dengan latar pesawat Hercules yang sudah hancur.

    Aksi dua orang wanita ini bukan yang pertama. Berikut adalah orang-orang yang malah asyik berfoto dan selfie di lokasi bencana.

    2 Orang wanita berfoto di lokasi jatuhnya pesawat Hercules

    via Aldy Mulia Hati Setya

    Duka para keluarga korban bencana jatuhnya pesawat Hercules Selasa 30 Juni 2015 sepertinya tidak dirasakan oleh dua wanita ini. Diunggah oleh pemilik akun facebook Aldy Mulia Hati Setya, tepat di depan pesawat Hercules yang sudah hancur terlihat jelas dua orang wanita yang asyik berfoto dibantu seorang anggota polisi.

    Foto tersebut diunggah sekitar 16 jam yang lalu dan sudah disebar oleh 30 pengguna facebook lainnya. “Yaa ampunn teganya,” ucap Farischa mengomentari foto tersebut.

    Turis selfie di lokasi pembantaian di Tunisia

    via beritasatu.com

    Aksi turis yang selife di lokasi kejadian penembakan brutal di Pantai Marhaba, Tunisia menuai banyak kecaman. Dalam sebuah foto yang berhasil diabadikan, tampak seorang pria memegang "tongsis" dan asyik berfoto bersama dua perempuan sambil tersenyum.

    Foto yang telah menjadi viral itu pun sontak menyedot banyak kritik pedas dari netizen. Beberapa dari mereka menganggap aksi selfie tersebut penyakiti perasaan orang lain.

    Selfie di makam Olga Syahputra

    via kapanlagi.com

    27 Maret 2015 silam, Indonesia kehilangan salah satu comedian kondang, Olga Syahputra. Komedian tanah air itu harus pergi selamanya karena penyakit yang dideritanya.

    Sayangnya di tengah selimut duka, beberapa warga justru memanfaatkan momen tersebut untuk berselfie tepat di atas makam Olga. Netizen yang mengetahui hal tersebut sontak melontarkan banyak kecaman dan menyebut hal itu adalah tindakan bodoh yang dilakukan oleh para penggemar Olga.

    Polisi selfie di depan orang bunuh diri

    via infospesial.net

    Entah apa yang ada di pikiran polisi di Turki satu ini. Bukannya menolong seorang warga yang berniat bunuh diri, polisi ini malah asyik selfie. Polisi itu berselfie di jembatan di atas Selat Bosphorus, Istambul, Turki pada September 2014. Selang beberapa menit kemudian, pria itupun tewas dari atas jembatan.

    Baca juga: 9 Foto "Selfie" Mengancam Nyawa

    Dampak Negatif `Penggila` Selfie

    Etika Dasar Ketika Ber-Selfie

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES