1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Indra    27 Desember 2014 09:00

    Temuan Ilmiah Terheboh 2014: Dari Dinosaurus Sampai Obat Awet Muda

    Temuan peninggalan jaman purba yang terletak di Sulawesi Selatan masuk dalam daftar penemuan paling heboh dunia.

    Feed - Sepanjang tahun 2014 banyak kejadian yang menghebohkan dunia. Kabar suka maupun duka menyelimuti kita selama satu tahun ini, tak terkecuali dengan penemuan ilmiah yang ditemukan para peneliti di bumi ini.

    Evolusi dinosaurus, serum awet muda dari darah muda jadi salah satu hasil temuan yang menghobohkan dunia di tahun ini. Bahkan temuan peninggalan jaman purba yang terletak di Sulawesi Selatan masuk daftar di dalamnya. Berikut daftar penemuan ilmiah palingheboh 2014.

    1. Evolusi dinosaurus menjadi burung

    via viva.co.id

    Berdasarkan kajian yang diungkap jurnal Science, tim peneliti dari Universitas Adelaide, Australia menemukan bahwa ada kelompok dinosaurus yang menyusut dari rata-rata 163 kilogram menjadi 0,8 kilogram.

    Penyusutan tubuh terjadi pada Theropod, keluarga dinosaurus yang meliputi Tyrannosaurus rex dan Velociraptor, pada 200 juta tahun lalu. Karena tubuhnya yang mengecil dan ringan, membuat nenek moyang burung dapat beradaptasi dengan lingkungan, seperti memanjat pohon, melayang, dan terbang. Baca selengkapnya di Evolusi Dinosaurus.

    2. Darah muda untuk serum awet muda

    via howstuffworks.com

    Banyak cerita kuno dari berbagai belahan dunia yang mengisahkan remaja atau perawan dikorbankan demi tujuan tertentu. Salah satunya yakni digunakan sebagai serum awet muda.

    Menurut penelitian yang dilakukan tim AS, suntikan darah orang muda dapat ‘mengisi otak’ dengan membentuk pembuluh darah baru sehingga meningkatkan memori, pembelajaran, hingga memperlambat penuaan. Baca selengkapnya di Darah Muda Serum Awet Muda.

    3. Lukisan tangan di gua Maros di Sulawesi Selatan

    via republika.co.id

    Lukisan tangan yang menggambarkan hewan ditemukan pada sebuah gua di Maros, Sulawesi, Indonesia. Penemuan tersebut sontak menggemparkan dunia ilmu pengetahuan internasional. Setelah diteliti umur pembuatannya mencapai 35 ribu - 40 ribu tahun yang lalu.

    Pusat Arkeologi Nasional menjelaskan hasil penelitian gabungan antara peneliti Indonesia dan Australia di Maros memberikan implikasi sangat besar terhadap pemahaman evolus manusia. Terutama yang berkaitan dengan pola perilaku manusia di masa lalu. Baca selengkapnya di Lukisan Pubra di Gua Maros.

    4. Manipulasi ingatan dengan cahaya

    via jogjareview.net

    Layaknya dalam film ‘Men In Black’ yang punya laser penghapus ingatan, Ilmuwan dari Stanford University dan University of California, Karl Diesseroth akan membawa teknologi semacam itu menjadi kenyataan.

    Dia menggunakan cahaya untuk menghapus ingatan tertentu dalam otak. Teknik ini dikenal dengan nama optogenetik. Baca selengkapnya di Manipulasi Ingatan Dengan Cahaya.

    5. Chip komputer serupa otak manusia

    via tribunnews.com

    Sekelompok peneliti di bidang bioengineering di Universitas Stanford mengklaim telah berhasil menciptakan chip komputer yang dibuat mirip dengan sistem yang bekerja pada otak manusia.

    Neurogrid namanya. Chip ini digadang memiliki kelebihan 9.000 kali lebih cepat dari chip komputer yang ada sekarang ini. Baca slengkapnya di Chip Komputer Serupa Otak Manusia. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES