1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    15 Juli 2016 10:32

    Takaran Makan Untuk Anak Berdasarkan Telapak Tangan Anda

    Perhitungan ini mempermudah Anda dalam menakar jumlah makanan.

    Feed.merdeka.com - Pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental anak akan sangat pesat pada usia sekolah 7-12 tahun. Akan banyak kegiatan yang mengaruskan anak-anak tersebut bergerak, seperti mengikuti esktrakulikuler di sekolahnya.

    Oleh karenanya, penting sekali menyimbangkan kebutuhan energi dengan asupan nutrisi pada anak usia tujuh hingga 12 tahun.

    "Setiap anak memiliki kalori dan nutrisi yang berbeda karena hal ini sangat tergantung pada tingkat aktivitas anak dan ukurannya," ungkap Dr. Grace Judio-Kahl, MSc, MH saat ditemui dalam acara peluncuran ' Pantau Aktivitas dan Nutrisi Anak dengan MILO Champ Squad' di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

    Misalnya, anak pada umumnya membutuhkan 49 gram protein, 1.000 mg kalsium dan 10 mg zat besi untuk kebutuhan energi seharian. Kesemuanya agar menunjang kegiatan mereka.

    "Sebagai orangtua jangan hanya asal saja memberi makan anak, kita harus mengetahui porsi gizi seimbang untuk mengoptimalkan kegiatan anak saat berkembang," tambah Dr. Grace

    Kebutuhan gizi anak usia sekolah sebanyak 1.850 kalori. Namun, kebutuhan kalori setiap jenis kelamin berbeda. Untuk pria dibutuhkan 2.100 kalori, sedangkan untuk wanita 2.000 kalori.

    Memang tidak mudah memberi takaran gizi yang tepat untuk satu porsi anak. Untuk mempermudahnya, Dr. Grace memberikan solusi agar gizi anak tetap seimbang dengan aktivitasnya.

    "Piring bagi menjadi tiga bagian, bagian atas simpan sayur dan buah, 1/3 bagian kanan untuk nasi atau kentang pilih salah satu yang penting karbohidrat. Untuk bagian 1/3 bagian kiri isi dengan ptotein seperti telur, tempe, ikan, ayam, atau daging," papar Dr. Grace.

    Anda pun dapat mengikuti takaran makan seperti gambar di bawah ini.

    Lemak pun sangat dibutuhkan untuk anak usia sekolah yang bermanfaat membuat otot dan saraf berkembang dengan baik. Serta vitamin B baik untuk metabolisme dan membentuk sel darah.

    Baca juga:

    Asupan Nutrisi Tepat Cegah Anak Terkena Alergi Susu Sapi

    Nutrisi Wajib Kala Mengandung si Buah Hati

    Cerdaskan Otak Janin Anda dengan Asupan Ikan

    Cara Cerdas Kurangi Asupan Gula Pada Anak

    Ingin Hamil? Kurangi Asupan Kentang

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES