1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    1 Juli 2016 12:04

    Kue-kue Kering yang `Wajib` Ada Saat Lebaran

    Tak diragukan lagi keberadaan kue-kue kering ini sangat dinantikan saat Hari Idul Fitri.

    Feed.merdeka.com - Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di Indonesia. Sebagai perayaan di hari kemenangan, biasanya masyarakat akan saling bersilaturahmi. Mengunjungi tetangga dan sanak saudara, tak lupa sambil menghidangkan panganan-panganan untuk menjamu tamu.

    Salah satunya kue-kue kering yang tidak pernah tertinggal untuk disajikan di atas meja tamu. Beragam jenis kue mulai dari yang becita rasa manis hingga asin. Berdasarkan riset, berikut ini deretan kue-kue kering yang renyah khas lebaran yang tak pernah absen.

    1. Kastengel

    via selerasa.com

    Gurih dan asinnnya keju dalam kue kastengel membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan. Kastengel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu 'kaas' yang berarti keju.

    Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel.

    2. Nastar

    via licia-onlineshop.blogspot.com

    Kue berisi selai nanas ini berasal dari bahasa Belanda yaitu 'ananas' yang berati nanas, dan 'tar' yang berarti kue atau pie. Jadi nastar memiliki arti tart nanas. Di Eropa sendiri kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

    3. Putri salju

    via resep-makanan.com

    Tak ketinggalan, Kue kering yang namanya terbilang unik ini selalu kue wajib yang ada saat lebaran. Nama putri salju sendiri diambil karena kue ini berwarna putih yang berasal dari taburan gula halusnya. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang seperti bulan sabit.

    4. Biji ketapang

    via cookpad.com

    Kue khas Betawi asli yaitu biji ketapang juga tak kalah jadi favorit. Dinamai biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang. Rasa dari kue ini begitu nikmat yaitu renyah, manis dan sedikit asin. Pembuatan biji ketapang juga terbilang mudah karena tidak perlu menggunakan oven melainkan cukup hanya digoreng saja.

    Baca juga:

    Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tidak Mudah Berjamur

    Tips Agar Kue Lidah Kucing Tidak Mudah Hancur

    Menu Baru Buka Puasa: Es Teler Berbentuk Kue, Nyam!

    Ayo, Gantian Anda yang Buatkan Kue untuk Mama di Hari Ibu

    10 Kue Seram untuk Buah Hati di Hari Halloween

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES