1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    30 Juni 2016 18:48

    4 Sajian Lebaran Selain Opor Ayam

    Saat lebaran bosan makan opor ayam? Lihat 4 masakan ini dijamin nikmat.

    Feed.merdeka.com - Opor ayam menjadi salah satu sajian khas saat lebaran. Panganan santan yang gurih memang sangat cocok disantap dengan ketupat.

    Namun, jika bosan menyajikan opor ayam saat lebaran. Anda dapat mencoba berbagai masakan berbahan dasar ayam yang cocok disantap saat idul fitri tiba. seperti yang dilansir 1001inspirasiramadan.

    1. Rawon Ayam



    Dengan kuah kentalnya yang berwarna hitam, rawon merupakan salah satu sajian khas Indonesia yang unik. Walaupun biasanya resep rawon menggunakan daging sapi, bisa juga menggunakan ayam dalam hidangan ini. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan rawon daging sapi.

    2. Ayam Gulai Rebung


    Rebung yang bergizi dipadukan dengan ayam yang empuk dan kuah santan yang gurih bisa jadi teman sajian ketupat yang lezat. Proses memasak Ayam Gulai Rebung tidak rumit.

    Tapi, untuk mendapatkan rebung yang empuk dan tidak beraroma kurang sedap, memang perlu melakukan beberapa langkah ekstra, seperti merebus dan merendam rebung sebelum diolah. Pilihlah menggunakan rebung bambu kuning atau rebung bambu cina.

    3. Ayam Bakar Bumbu Rujak

     

    Ayam Bakar dengan bumbu pedas menggoda lidah akan menyemarakkan meja makan keluarga di hari yang istimewa. Agar bumbu meresap sempurna, ungkep ayam dengan baik menggunakan api kecil hingga bumbu menyusut. Teknik mengungkep ini juga membantu menyajikan ayam bakar yang matang sempurna.

    4. Kari Ayam Nanas

     

    Santan yang gurih cocok dipadukan dengan cita rasa asam dan segar dari nanas. Contohnya seperti dalam sajian Kari Ayam Nanas. Gunakan nanas kalengan. Nanas segar mengandung enzim bromelain yang bisa mengempukkan daging. Bila nanas segar digunakan dalam masakan ini, Anda cukup menambahkannya sesaat sebelum sajian akan diangkat dari api. (ism) 

    Baca juga:

    Pie Cake, Menu Baru Saat Lebaran

    Menguak Asal-usul Ketupat Khas Lebaran

    Tips Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi

    Makanan Paling Tepat Dampingi Ketupat Idul Fitri, Mantap!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES