1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    30 Juni 2016 10:13

    Tips Agar Opor Ayam Tidak Mudah Basi

    Bagaimana caranya agar opor ayam tidak basi?

    Feed.merdeka.com - Lebaran kurang lengkap rasanya tanpa menghidangkan ketupat dan opor ayam. Opor ayam biasanya dibuat sebelum lebaran tiba.

    Sayangnya,opor ayam tidak tahan lama karena panganan ini berbahan dasar santan. Lalu, apa yang harus dilakukan agar hidangan khas lebaran ini tidak cepat basi?

    Seperti yang dikutipdari 1001inspirasiramadhan, faktor penting agar sajianbersantan seperti opor tidak cepat basi ialah penggunaan santan yang berkualitas. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah santan segar dari kelapa utuhdengan daging kelapa yang putih dan tebal.

    Setelah itu, gunakan air matang untuk memeras santan dari kelapa yang telah diparut, sehingga santan tidak mudah basi. Selain santan, perhatiakan pula cara penyimpanan jika opor sudah matang. Segeralah dinginkan an simpan dalam wadah kedap udara.

    Opor juga dapat disimpan dalam kantung plastik. Caranya, masukan opor ke dalam kantung plastik dan ikat erat tanpa menyisakan udara di dalam plastik. Kemudian, simpan opor dalam freezer. Opor dalam frezzer bisa dihangatkan beberapa saat sebelum disajikan dengan cara dikukus di dalam dandang.

    Anda pun dapat menyimpan santan dari opor secara terpisah. Santan bisa dicampur dengan elemen oporlainnya ketika dihangatkan.

    Baca juga:

    Begini Cara Berpakaian yang Tepat Kala Lebaran

    Pie Cake, Menu Baru Saat Lebaran

    Ritual Tulus Saat Lebaran

    Tips Mengubah Warna Cat Rumah untuk Lebaran

    Siapa Kira Keramik bisa Jadi Baju Lebaran Secantik Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES