1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Stella Maris    12 Desember 2017 12:31

    Kisah wanita yang melahirkan 'putri duyung'

    Kasus ini jarang terjadi atau memengaruhi satu dari setiap kelahiran 100 ribu bayi.

    Feed.merdeka.com - Proses melahirkan wanita ini sama seperti ibu hamil lainnya. Namun ketika bayi itu keluar dari rahimnya, dokter sempat kaget.

    Dikutip laman Independent, wanita itu melahirkan bayi mirip putri duyung. Paska kelahiran bayi itu, dokter mengatakan bahwa anaknya mengalami sirenomelia atau sindrom putri duyung.

    Bayi dari wanita bernama Muskura Bibi itu lahir dalam kondisi di mana pinggang ke atas normal sementara bagian pangkal paha ke kaki menyatu. Kondisi itu membuat dokter tak dapat mengetahui jenis kelamin si bayi.

    Sudip Saha, Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Chittaranjan Seva Sadan, India mengatakan, kasus yang dialami Bibi jarang terjadi atau memengaruhi satu dari setiap kelahiran 100 ribu bayi.

    Dia mengatakan sebelumnya atau pada 2016, ada bayi yang lahir dengan kondisi sama. Namun bayi itu meninggal setelah 10 menit dilahirkan, sementara bayi Bibi menghembuskan napas terakhirnya empat jam paska kelahirannya.

    Diketahui, bayi-bayi itu meninggal karena organ genital tak diketahui dan mereka memiliki organ terbelakang.

    Berdasarkan studi pada 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, penderita sirenomelia tak ada yang selamat setelah dilahirkan.

    Meski penyebabnya belum diketahui pasti, namun dalam penelitian yang dilakukan pakar kesehatan mengidentifikasi, sirenomelia berhubungan kuat dengan kondisi diabetes pada ibu dalam masa kehamilan.

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES