1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    7 Juli 2015 14:31

    Pertanda Berat Badan Anda Bertambah

    Faktornya macam-macam, mulai dari gaya hidup hingga kurangnya waktu tidur.

    Feed - Kegemukan adalah masalah paling umum dalam kehidupan saat ini. Tercatat, pada tahun 2014 Indonesia menduduki posisi kesepuluh sebagai negara yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

    Faktornya macam-macam, mulai dari gaya hidup, kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, hingga kurangnya waktu tidur. Selain itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda tak umum yang memicu berat badan Anda bertambah. Jika salah satu dari tanda ini Anda alami, itu artinya Anda harus segera mengubah pola hidup.

    1. Lesu

    via venusbuzz.com

    Perasaan lesu atau lemas pada tubuh tentu saja jadi tanda bahwa berat badan Anda mulai bertambah. Anda yang memiliki berat badan berlebih akan kesulitan bergerak, bahkan butuh upaya besar untuk berpindah tempat.

    2. Mendengkur

    via mirror.co.uk

    Mendengkur juga jadi salah satu tanda kalau Anda kelebihan berat badan. Ketika berat badan bertambah, lemak di sekitar leher menghambat pernapasan.

    3. Nyeri pada kaki

    via thewellnessinstituteofamerica.org

    Kaki adalah bagian penting yang bekerja menahan tekanan seluruh tubuh. Jika Anda memiliki berat bada berlebih, maka sendi dan otot pada kaki akan mengalami kerusakan. Semakin berat tubuh Anda, semakin besar tekanan yang didapat. Itu artinya, kaki akan terasa sakit khususnya pada bagian lutut.

    4. Sesak napas

    via home.bt.com

    Jika Anda salah satu orang yang mudah terengah-engah saat beraktiviitas, itu tandanya Anda kelebihan berat badan. Seperti dikutip dari boldsky.com, kelebihan berat badan dan lemak menciptakan tekanan pada sistem kardiovaskular dan mencegah pasokan oksigen yang cukup untuk bernapas.

    5. Hypothyroidism

    via healthtap.com

    Hormon tiroid dapat memengaruhi berat badan manusia. Jika kadar hormon tiroid terlalu rendah, maka proses metabolism dalam tubuh akan melambat dan berpotensi meningkatkan berat badan.

    Baca juga: Nasib Miris Manusia-Manusia Paling Gemuk

    Daftar Makanan Paling Bikin Gemuk

    Dampak Negatif Punya Pasangan Gemuk

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES