1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     14 Februari 2018 07:01

    Ciri-ciri fisik ajal sudah dekat menurut medis

    Perlu diingat, ciri-ciri fisik ini tidak dialami oleh mereka yang berpulang secara mendadak.

    Feed.merdeka.com - Kematian memanglah rahasia Tuhan. Tidak ada yang bisa menebak umur manusia. Kapan dan di mana saja ajal bisa menjemput. Namun, dunia medis bisa mendeteksi ketika seseorang yang sedang sakit sudah mendekati kematian. Hal itu bisa diketahui dari ciri-ciri fisik.

    Perlu diingat, ciri-ciri fisik ini tidak dialami oleh mereka yang berpulang secara mendadak. Akan tetapi, menurut hellosehat.com, ciri-ciri ini merupakan tanda umum yang biasanya terjadi pada orang yang mendekati ajal.

    Perubahan pada jantung dan sistem sirkulasi tubuh

    Aliran darah melambat

    Karena aliran darah bermasalah, kulit akan terlihat seperti berbintik-bintik dan mengalami perubahan warna. Bintik dan warna kebiruan pada kulit yang terlihat di bagian atas tubuh, yaitu dari pinggul hingga kepala, mencirikan tanda kematian yang lebih dekat dibandingkan dengan perubahan yang terlihat di bagian bawah tubuh.

    Menurunnya aliran darah di serebral otak

    Kondisi ini mengakibatkan seseorang mengalami penurunan tingkat kesadaran. Juga merasa mengantuk terus menerus dan terkadang mengalami disorientasi (linglung).

    Jika orang terkasih mengalami ini, maka biarkan ia beristirahat. Namun, tetap pantau kondisinya, siapa tahu ia membutuhkan pertolongan.

    Penurunan output jantung dan volume cairan dalam pembuluh darah

    Dalam kondisi ini seseorang terkadang mengalami takikardia, atau detak jantung di atas normal saat beristirahat. Jika orang normal berdetak 60-100 kali per menit, maka orang yang mengalami takikardia umumnya lebih dari 100 detak per menit.

    Selain itu, kondisi ini juga mengakibatkan seseorang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah yang bisa mengakibatkan kegagalan organ.

    Penurunan fungsi pada sistem kemih

    Pada kondisi ini, seseorang mungkin akan mengalami inkontinensia urine atau mengompol. Anda perlu menjaga orang terkasih agar tetap bersih dan kering. Pakaikan popok untuk menghindari penggantian celana yang terlalu sering yang mungkin membuatnya tidak nyaman.

    Selanjutnya===>>> Perubahan selera makan ketika mendekati ajal

    Perubahan selera makan ketika mendekati ajal

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES