1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     6 November 2017 13:00

    Ilmuwan: Jika alien benar-benar ada, begini bentuknya

    Ilmuwan mencoba membuat sketsanya... Anda tidak akan menyangka!

    Feed.merdeka.com - Alien selalu menjadi pembahasan tak ada habis dan ujungnya. Beberapa orang bahkan sangat terobsesi menemukan alien dan membuat komunitas khusus.

    Tak hanya itu, beberapa orang bahkan mengaku pernah bertemu alien dan menggambarkan rupa itu seperti apa. Tapi, tetap saja belum ada kepastian mengenai kehidupan lain di luar Bumi itu.

    Akhirnya, manusia hanya bisa menduga-duga, seperti apa ya rupa alien--jika alien itu benar-benar ada. Menjawab pertanyaan orang-orang itu, sejumlah peneliti dari University of Oxford akhirnya memutuskan memakai keahlian mereka untuk memprediksi morfologi dan fungsi organisme ekstraterestrial itu.

    Dikutip dari laman Science Alert, 2 November 2017, para ahli ini juga menerapkan seleksi alam dalam prediksi mereka itu.

    "Pendekatan di masa lalu di bidang astrobiologi sebagian besar bersifat mekanistik dan 'mengambil' apa yang kita lihat di Bumi. Selain itu juga berdasarkan apa yang kita tahu tentang kimia, geologi, dan fisika untuk kemudian memprediksi alien," kata seorang peneliti, Sam Levin.

    Alih-alih menggunakan itu semua, kata dia, kita seharusnya fokus pada proses seleksi alam. "Pendekatan ini lebih berguna karena prediksi teoritis akan berlaku untuk alien--yang berbasis silikon, tidak memiliki DNA, atau mungkin juga organisme yang menghirup nitrogen, misalnya," jelas Sam.

    Untuk membuat sketsa alien ini, Sam juga menilai, manusia juga harus memperhitungkan dunia luar angkasa yang benar-benar aneh. Ilmuwan harus bisa mengumpulkan bukti-bukti setiap momen kritis dari sebuah planet yang kemungkinan besar memicu evolusi. 

    FOTO: Ilustrasi alien (Pixabay)

     NEXT: Beginilah bentuk alien versi ilmuwan

    Evolusi dan bentuk alien versi ilmuwan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES