1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     6 November 2017 07:01

    Melihat kecerdasan seseorang dari durasi menguap

    Durasi menguap tidak berkorelasi dengan ukuran tubuh, tetapi dengan besarnya otak seseorang.

    Feed.merdeka.com - Menguap merupakan salah tanda bahwa seseorang mulai mengantuk. Meski, menguap kadang sering muncul tak terduga.

    Sewaktu kecil kita diajarkan untuk selalu menutup mulut ketika menguap, bahkan dilarang menguap lama-lama. Kalau bisa menguap jug dicegah. Namun, ternyata durasi menguap bisa menentukan kecerdasan seseorang.

    Hal itu dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan terhadap hewan. Hasilnya, durasi menguap berpengaruh pada kemampuan otak mereka. Dikutip dari Indiatimes, semakin lama menguap, semakin cerdas hewan tersebut.

    Para peneliti dari State University of New York di Amerika Serikat meneliti 29 video mamalia yang menguap untuk menghitung rata-rata durasinya. Berat otak hewan-hewan tersebut telah didokumentasikan dalam penelitian sebelumnya.

    Ketika para peneliti mendapatkan hasilnya, mereka menemukan bahwa berat otak dan jumlah neuron di lapisan luar otak (korteks) ternyata dapat memprediksi durasi menguap mamalia.

    Hewan seperti gorila, kuda, singa laut, dan gajah Afrika mungkin memiliki ukuran tubuh yang besar. Namun mereka memiliki durasi menguap yang lebih pendek dari manusia karena ukuran otak mereka lebih kecil.

    Temuan ini juga menunjukkan bahwa durasi menguap tidak berkorelasi dengan ukuran tubuh, tetapi dengan besarnya otak seseorang. Tim peneliti yang dipimpin oleh Andrew Gallup menyatakan hewan dengan otak yang lebih besar memiliki durasi menguap yang lebih bervariasi.

    Liz Cirulli Rogers dari Duke University School of Medicine menyebut hewan yang lebih cerdas kemungkinan memiliki variasi menguap yang berbeda. Sedangkan hewan yang kurang cerdas hanya memiliki satu jenis menguap. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES