1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INOVASI TEKNOLOGI


  8. Reporter : Stella Maris    18 Januari 2018 10:00

    Murid ini kembangkan celana dalam yang dilengkapi kamera dan GPS

    "Bisa dipakai saat berpergian sendiri atau Anda sudah tahu berada di lingkungan yang tidak aman."

    Feed.merdeka.com - Meningkatnya jumlah kejahatan terhadap perempuan, memunculkan ide pada murid ini untuk melindungi kaum hawa. Salah satunya menciptakan celana dalam anti-pemerkosaan yang dilengkapi kamera dan GPS.

    Dikutip laman Viral4real, siswa asal India bernama Seenu Kumari mengembangkan pakaian dalam, bukan menggunakan bahan kain yang mahal.

    Dia hanya menginovasi pakaian dalam itu dengan beberapa perangkat teknologi, yaitu kamera untuk merekam wajah penyerang dan GPS sebagai tanda darurat bagi kepolisian.

    Siswa yang menciptakan celana dalam anti-pemerkosaan
    © 2018 feed.id/News Lions via mirror.co.uk

    Seenu menjelaskan cara kerja celana dalam itu. "Ketika seseorang mencoba menganiaya seorang wanita, perangkat itu akan mengirimkan pesan pada saudaranya juga ke polisi," katanya.

    Setelah mendapatkan pesan tersebut, polisi bisa langsung bergerak dan tiba di tempat kejadian perkara (TKP) mengikuti GPS.

    Sementara wajah pelaku, lanjut Seenu, sudah terekam kamera. Seenu menjelaskan, pakaian dalam ini tak perlu digunakan setiap hari.

    Ada password dan juga GPS © 2018 feed.id/News Lions via mirror.co.uk

    "Bisa dipakai saat berpergian sendiri atau Anda sudah tahu berada di lingkungan yang tidak aman," jelasnya.

    Diketahui prototipe pakaian dalam itu telah dikirim ke National Innovation Foundation di Allahabad untuk dipatenkan. Seenu menjelaskan, bila peralatan yang digunakan sudah jauh lebih berkualitas, alat tersebut baru akan dijual di pasaran.

    Oh ya Seenu mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk karyanya. Meski berasal dari keluarga miskin, namun Seenu mampu mencicil pengeluaran proyek itu. Totalnya mencapai Rp920 ribu. 

     

     

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES