1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     22 Februari 2018 16:02

    Penemuan terbaru, gadget bisa dinyalakan hanya dengan tepuk tangan

    Bukan hanya handphone, bahkan pintu garasi juga bisa dibuka hanya dengan sekali tepukan.

    Feed.merdeka.com - Para ilmuwan kini telah menemukan cara untuk menyalakan gadget di masa depan, yakni hanya dengan bertepuk tangan atau bahkan menari.

    Teknologi energi hijau yang baru didasarkan pada triboelektrik ini memungkinkan pengguna menghasilkan listrik sendiri melalui gerakan dan getaran.

    Peneliti Asia Amerika dari Clumber Nanomaterials Institute (CNI) menciptakan nanogenerator triboelektrik ultra-sederhana atau, U-TENG, kembali pada tahun 2017, seperti dikutip Nextshark.com.

    U-TENG adalah perangkat mungil yang terbuat dari plastik dan pita yang menghasilkan listrik saat kedua bahan disatukan. Energi listrik yang dihasilkan oleh tepuk tangan atau sadap kaki terdeteksi oleh kabel, sirkuit eksternal dan kemudian disimpan dalam kapasitor atau baterai.

    Penemuan ini sekarang juga memiliki versi nirkabel yang disebut W-TENG, yang menggunakan kombinasi kombinasi Teflon dan serat multi bagian yang mengandung graphene bahan ultra tipis. W-TENG, yang memiliki kapasitas maksimal 3.000 volt, mampu menghasilkan medan listrik yang bisa mentransmisikan energi hingga 3 meter.

    "Tidak hanya memberi Anda energi, tapi Anda juga bisa menggunakan medan listrik sebagai remote yang bisa digerakkan," ujar Sai Sunil Mallineni, penulis studi tersebut. "Misalnya, Anda bisa mengetuk W-TENG dan menggunakan medan listriknya sebagai 'tombol' untuk membuka pintu garasi Anda, atau Anda bisa mengaktifkan sistem keamanan - semuanya tanpa baterai, pasif dan tanpa kabel."

    Sementara tim peneliti saat ini sedang mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan terhadap Teflon, mereka sudah melakukan pembicaraan dengan mitra industri untuk mengembangkan aplikasi teknologi praktis.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES