1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIRAL NEWS


  8. Reporter :     22 Februari 2018 08:00

    Duh, bayi baru 19 bulan kena stroke. Kok bisa?

    Biasanya, penyakit satu ini menyerang orang tua.

    Feed.merdeka.com - Mendengar kata 'stroke,' bayangan kita biasanya mengarah kepada orang dewasa karena penyakit serius ini biasa menyerang orang tua. Namun, bayi berusia 19 bulan ini menjadi penderita stroke termuda di Inggris.

    Dikutip dari laman Mirror, 21 Februari 2018, bayi bernama Ronnie itu dilarikan ke rumah sakit setelah orangtua, Phil dan Louise, menemukannya tak sadar dan terkulai di kamar tidur. Dari serangkaian tes, dokter menyimpulkan Ronnie menderita stroke.

    Penyumbatan di pembuluh otak Ronnie bukanlah disebabkan gaya hidup dan makanan tak sehat seperti penyebab umum stroke pada orang dewasa. Tim dokter mengungkapkan, stroke itu disebabkan dua kista di otaknya.

    Setelah serangan stroke itu, Ronnie langsung menjalani operasi permulaan dengan memasang semacam ring untuk mengurangi tekanan di otak pada 2 Februari lalu.

    Pada Senin lalu, dia kembali menjalani operasi di Leeds. "Dia (Ronnie) sudah menjalani operasi selama 11 jam untuk mengangkat sedikit tumor itu karena tumbuh ke arteri kanan di otaknya," jelas Phil. "Itu adalah hari terlama dalam hidup kami."

    Ronnie, kata dia, sangat menderita dan kesakitan selama proses medis itu. "Dia terus berjuang. Dia luar biasa berani," imbuh Phil yang berasal dari Hull itu.

    Ronnie yang masih lemah pasca operasi itu tetap tinggal di Leeds selama sebulan untuk menyiapkan kemungkinan kemoterapi selama 12 bulan. Dalam beberapa hari ke depan, Ronnie akan menjalani pemindaian MRI untuk mempelajari tumor di otaknya.

    Kisah Ronnie menjadi viral dan mendunia. Phil berterima kasih pada dukungan yang dia terima melalui Facebook. Phil memang rajin mem-posting perkembangan Ronnie ke media sosial dan menerima begitu banyak dukungan dari berbagai belahan dunia.

    "Saya sampai tak bisa berkata-kata. Perjuangan kami memang masih panjang dan berat dalam menjalani proses medis ini," kata dia. Dia dan istri beserta kembaran Ronnie, Robert, khawatir akan masa depan seperti apa yang akan dihadapi Ronnie.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES