1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PRESIDEN JOKOWI


  8. Reporter : Desy Afrianti    9 Oktober 2017 20:01

    Kocak, tak hafal Pancasila, ibu di Kaltara malah tepuk lengan Jokowi

    Tampak Rini dua kali menepuk lengan Jokowi, bahkan hingga badannya sedikit terdorong.

    Feed.merdeka.com - Selalu ada cerita menarik di setiap kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah. Salah satu yang paling ditunggu adalah saat bagi-bagi hadiah. Sebelum memberikan hadiah, biasanya Jokowi memberikan pertanyaan terlebih dahulu.

    Begitu pun saat Jokowi berkunjung ke Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Jumat 6 Oktober 2017 lalu. Jokowi ke sana untuk menghadiri penyerahan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapangan Agatish, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

    "Ibu-ibu siapa yang hafal Pancasila? Angkat tangannya tinggi-tinggi," kata Jokowi melemparkan pertanyaan seperti dikutip dari setneg.go.id, Senin 9 Oktober 2017.

    Dengan sigap, seorang ibu bernama Rini mengangkat tangannya setinggi mungkin. Akhirnya ia pun ditunjuk Jokowi untuk maju ke podium. Rini merupakan warga Desa Transmigrasi Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Dia juga penerima bantuan sosial nontunai PKH.

    Ia maju ke podium bersama seorang siswa SMA dan seorang siswa SD. Rini mendapat giliran pertama ditanya Jokowi.

    "Ibu sebutkan Pancasila," tutur Jokowi. Rini hanya tersenyum mengatakan bahwa dia sudah tidak muda lagi dan jangan disalahkan apabila mengucap Pancasila tidak tepat.

    "Kenapa maju?" ucap Jokowi bertanya. "Angkat tangan supaya bisa salaman sama Pak Jokowi. Kan belum tentu 10 tahun lagi bisa salaman. Mau tanam padi banyak, belum tentu bisa ke sana (istana)," ujar Rini.

    Jokowi tetap meminta Rini mengucapkan Pancasila. Sila pertama, kedua dan ketiga dapat diucapkan dengan baik oleh Rini. Pada saat mengucapkan sila keempat, Rini kurang tepat mengucapkannya. Namun justru Rini menepak lengan Jokowi.

    Dalam video yang diunggah olek akun Twitter @MurtadhaOne tampak Rini dua kali menepuk lengan Jokowi, bahkan hingga badannya sedikit terdorong.

    Apa yang dilakukan Rini itu pun mengundang gelak tawa para hadirin. "Gak hafal saya yang disalahin, gimana sih," ucap Jokowi yang disambut tawa penerima PKH dan KIP. Akhirnya Rini berhasil mengucapkan Pancasila hingga selesai dengan dibimbing Jokowi. "Gitu dong masa saya yang di-cablek, gimana sih."

    Akhirnya Rini pun dapat menyebutkan Pancasila dengan tepat dan memenangkan hadiah sepeda.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES