1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter :     9 Oktober 2017 15:01

    Pasti kamu tahu, ini 5 buku yang bikin anak 90-an kangen

    Mereka kerap mengenang masa lalunya dengan cara berkumpul bersama teman-teman sewaktu kecil

    Feed.merdeka.com - Anak-anak kelahiran '90-an saat ini tengah memasuki usia dewasa. Memulai kehidupan baru dan meninggalkan masa kecil dan remajanya. Meski demikian, mereka kerap mengenang masa lalunya dengan cara berkumpul bersama teman-teman sewaktu kecil. Tak hanya itu, mereka pun akan membahas beberapa hal untuk bernostalgia. Mulai dari peristiwa, lagu, hingga barang-barang lainnya seperti buku.

    Ada beberapa buku yang pasti membuat mereka mengenang kembali masa "kejayaan"-nya. Masa di mana mereka masih melakukan hal-hal nyeleneh khas anak sekolahan.

    Berikut lima buku tersebut:

    1. Buku Iqro

    Buku Iqro
    play.google.com/play.google.com

    Senakal-nakalnya anak SD pada saat itu, khususnya yang beragama Islam, pasti punya buku ini. Iqro merupakan buku pertama untuk belajar membaca Alquran yang memiliki enam tingkatan.

    Tingkatan pertama mulai dari mengeja huruf-huruf Alquran hingga huruf sambungnya. Setelah tingkat enam lulus, baru anak-anak ini melanjutkan ke Alquran meskipun masih terbata-bata.

    Selain itu, Iqro punya ciri unik yang khas. Di bagian sampul belakang, terdapat gambar bapak-bapak berpeci hitam. Ternyata ia adalah Kyai As’ad Humam, yang menyusun metode pembelajaran Iqro ini.

    2. Kunti

    Buku Kunti
    twicsy.com/twicsy.com

    Kalau Lembar Kerja Siswa (LKS), anak-anak sekolahan pasti punya ini kan. Tetapi kalau Kunti, pasti hanya anak-anak 90an yang tahu. Kunti bukan berasal dari nama hantu kuntilanak, melainkan singkatan dari Tekun dan Teliti.

    Selain berisi soal-soal, Kunti ternyata menyediakan biodata anak-anak pada sampul belakang. Nah, pada saat itu, biodata tersebut dijadikan bahan utama untuk mengetahui gebetan. Pernah mengalami tidak?

    3. RPUL/RPAL

    Buku RPAL
    dutailmu.co.id/dutailmu.co.id

    RPUL merupakan singkatan dari ringkasan pengetahuan umum lengkap. Sedangkan RPAL adalah ringkasan pengetahuan alam lengkap. Yang sekolah tahun 90an, dipastikan punya kedua buku ini. RPUL berisi intisari dari pengetahuan umum yang biasa diajarkan pada pelajaran IPS. Sementara itu, RPAL berisi ringkasan dari pelajaran IPA.

    Selain bermanfaat, alasan punya buku itu adalah agar lebih mudah menghafal pelajaran IPA dan IPS yang nyatanya sangat panjang dan ribet. Benar kan?

    4. Buku Pintar

    Buku Pintar
    tokopedia/tokopedia

    Satu lagi datang dari sekolahan. Buku Pintar ini memang bakal membuat kita jadi pintar. Apalagi kalau hafal seluruh isi buku. Soalnya, isinya adalah semua materi pelajaran yang diringkas.

    Namun, diantara kita pasti ada yang menyalahgunakan buku ini. Saking praktisnya karena ukuranny kecil, pasti pernah dijadikan bahan contekan kan?


    5. Komik Siksa Neraka

    Komik Siksa Neraka
    tokopedia/tokopedia

    Yang terakhir ini cukup menyeramkan. Isinya semua tentang siksa neraka. Komik ini cukup menjadi mimpi buruk bagi anak-anak '90-an. Ada yang menggambarkan para penggunjing yang digantung dengan lidah mereka, pezina yang ditikam tombak, penipu yang disiram air panas, sampai pengumpat yang memakan bangkai. (randi mulyadi)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES