1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. C
  6.  » 
  7. CHINA


  8. Reporter : Rohimat Nurbaya    28 September 2017 17:02

    Gores mobil seharga Rp1,4 miliar, gadis asal China malah dapat beasiswa kuliah

    Setelah menggores mobil Lexus itu, Zhang menunggu pemiliknya datang. Begitu bertemu dengan pemilik mobil dia langsung...

    Feed.merdeka.com - Kejujuran gadis asal Tiongkok, Zhang Youquin berbuah manis. Kisah kejujuran gadis berusia 18 tahun itu juga menjadi viral.

    Dikutip dari viral4real.com, gadis yang berasal dari keluarga miskin tersebut baru saja mendaftar kuliah. Meski berasal dari keluarga miskin, tapi beruntung Zhang masih memiliki sedikit uang untuk masuk perguruan tinggi. Dia juga masih memiliki sedikit uang lebih sisa pembayaran uang kuliah.

    Namun suatu hari, Zhang Youquin menggores mobil Lexus ES350 seharga Rp1,4 miliar yang sedang diparkir.

    Ketika berbuat kesalahan, kebanyakan orang akan melarikan diri. Tapi tidak bagi Zhang Youquin, gadis itu mengakui kesalahannya. Dia berniat ingin mengganti atas segala kecerobohan yang telah dibuatnya. Uangnya dari sisa pembayaran kuliah.

    Setelah menggores mobil Lexus itu, Zhang menunggu pemiliknya datang. Begitu bertemu dengan orang yang punya mobil tersebut meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

    "Paman, apa kamu pemilik mobil ini? Saya sangat menyesal tentang hal itu."

    "Tanpa sengaja aku menggores mobilmu dengan sepedaku, dan aku sudah menunggumu," kata Zhang minta maaf.

    Mobil Mewah Digores gadis asa China Zhang Youquin (Viral4real)

    Pemilik mobil bernama Zang yang bekerja untuk sebuah perusahaan properti itu tersentuh, ketika mendengar kejujuran gadis yang masih duduk di bangku kuliah tersebut.

    Pemilik mobil itu juga kagum dengan rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh Zhang. "Saya penasaran melihat seorang gadis berdiri di samping mobil saya," kata Zang.

    "Dia tampak panik dan takut saat pertama kali melihatnya."

    "Ketika saya tahu bahwa dia menunggu di bawah terik matahari selama sejam, saya sangat tersentuh. Saya mengatakan kepadanya bahwa tidak ada ganti rugi yang dibutuhkan," kata Zang.

    Ketika itu pula, Zhang menangis dan berterima kasih kepada pemilik mobil bernama Zang karena kebaikannya.

    Keduanya terlibat dalam percakapan singkat.

    Zang mengetahui bahwa gadis itu berasal dari keluarga miskin. Gadis itu hanya dapat uang kuliah sebesar 8.000 Yuan atau sekitar Rp16 juta berasal dari pinjaman.

    Tak lama kemudian, direktur perusahaan properti tempat Zang bekerja mengetahui cerita soal gadis yang menggores mobil mewah itu.

    Seketika ia mengagumi anak perempuan itu dan berpikir untuk memberinya hadiah atas kejujurannya.

    Dia berkata, "Mobil yang tergores itu adalah Lexus, dan harganya sekitar 700.000 Yuan (Rp1,4 miliar)."

    "Setelah diperiksa, biaya perbaikan mobil ditetapkan sebesar 2.000 yuan (Rp4 juta)."

    "Namun, keluarga gadis itu kurang beruntung secara finansial dan itu sama saja menggosok garam di luka mereka jika kita memintanya untuk membayar."

    "Jadi, tidak seharusnya kita memintanya untuk membayar, kita harus membantunya menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi."

    Atas kejujuran Zhang itu, perusahaan tersebut telah mensponsori uang kuliahnya selama 4 tahun di perguruan tinggi. Bahkan menawarkan posisi yang pasti di perusahaan tersebut setelah lulus. (dwq)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES