1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PARENTING


  8. Reporter :     31 Oktober 2017 19:02

    Benarkah anak kedua lebih pemberontak dari si sulung?

    Urutan kelahiran ternyata mempengaruhi karakter diri seseorang. Kalau kamu anak ke berapa?

    Feed.merdeka.com - Percayakah Anda karakter diri seseorang bisa terlihat dari urutan kelahiran mereka? Fakta ini didalami oleh para peneliti, psikologi dan terapis.

    “Orang-orang menggunakan urutan kelahiran untuk memahami kekuatan mereka dalam kehidupan,” kata Frank Sulloway dari Institute of Personality and Social Research di University of California, Berkeley.

    Dia menjelaskan, saudara kandung berbagi hanya sekitar setengah gen yang sama, meninggalkan kombinasi gen non-identik serta pengaruh lingkungan untuk menjelaskan perbedaan kepribadian mereka.

    “Urutan kelahiran berada di antara perbedaan terbesar yang mampu kita dokumentasikan,” katanya. Bahkan, perbedaan urutan kelahiran memainkan peran hampir sama kuat dengan perbedaan gender.

    Banyak orang mengganggap saudara lahir dalam keluarga yang sama persis, tetapi sebenarnya tidak. Anak pertama biasanya menerima banyak perhatian dari orang tua baru yang kurang berpengalaman, yang terpesona oleh setiap tonggak penting dalam hidup, dan takut akan setiap kecelakaan yang terjadi.

    Sebaliknya, anak tengah tidak pernah merasa memiliki orang tua untuk diri mereka sendiri. Anak tengah dibayangi oleh kakak mereka yang lebih tua dan lebih kompeten. Lalu, anak bungsu lahir ketika orang tua mereka santai.

    Anak bungsu dengan mudah belajar menebar pesona untuk menarik perhatian. Akibatnya, anak pertama dikondisikan untuk mencapai, anak tengah untuk mengakomodasi, dan anak bungsu untuk menyenangkan.

    Meski demikian, terapis dan pendidik Marion Balla dari Ottawa memperingatkan, urutan kelahiran tidak secara langsung menyebabkan ciri-ciri kepribadian tertentu. “Saya percaya urutan kelahiran adalah salah satu faktor kuat dalam pengembangan kepribadian,” katanya.

    Jadi, apa artinya urutan kelahiran? Dilansir dari laman Best Health Magazine, berikut ini adalah kepribadian seseorang berdasarkan urutan kelahirannya.

    Si sulung pencapai tinggi

    Penelitian urutan kelahiran di dunia menunjukkan, anak sulung lebih memiliki banyak kesamaan dengan orang lain daripada dengan saudaranya sendiri. Anak sulung cepat belajar bagaimana menyenangkan orang tua, menjadi teliti, terorganisir, dapat diandalkan, dan menjadi orang tua mini untuk adik-adiknya.

    Sulung dengan pencapaian tinggi biasanya memilih profesi kuat seperti hukum, kedokteran, pendidikan, atau akuntansi. Psikolog Kevin Leman, penulis serangkaian buku kelahiran termasuk The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are. “Anak pertama akan selalu memerintah,” kata Leman. Berbagai penelitian menunjukkan, anak sulung berpeluang dua sampai tiga laki untuk menjadi CEO.

    Stacey Sutherland, 43, dari Aurora Ontario, mengatakan bahwa dia adalah tipe anak sulung yang khas. Sulung dari empat bersaudara ini unggul di sekolah dengan jurusan di bidang berorientasi pada detail, studi administrasi dan komersial, dan mematuhi semua aturan ketat orang tuanya. “Saya teroganisir, saya tidak dapat bekerja dalam kekacauan, tapi adik saya pasti tidak seperti itu.”

    Anak tengah dan bungsu lihat di halaman selanjutnya >>>>

     

    Karakter anak tengah dan si bungsu

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES