1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter :     31 Oktober 2017 18:00

    Mengungkap makna di balik mitos kejatuhan cicak membawa sial

    Banyak yang percaya setelah kejatuhan cicak seseorang akan mengalami sakit atau anggota keluarganya meninggal.

    Feed.merdeka.com - Masyarakat Indonesia seringkali mengaitkan kehidupan mereka dengan mitos atau kepercayaan orang tua di zaman dahulu. Meski tak semua benar, sebagian masyarakat masih percaya dengan mitos.

    Salah satunya adalah mitos kejatuhan cicak. Kejadian cicak jatuh dari atap yang sebenarnya biasa dipandang sebagai sebuah pertanda. Ada yang menganggap bahwa jatuhnya cicak merupakan suatu pertanda buruk yang mungkin terjadi.

    Semua kejadian yang dialami oleh sebagian besar masyarakat, akan berkembang menjadi mitos dan kebiasaan. Padahal boleh jadi kejadian tadi merupakan suatu kebetulan semata.

    Mereka membicarakan dari satu kampung ke kampung lain. Sehingga berakhir dengan kepercayaan dan mitos, yang membuat penduduk setempat percaya. Bahkan rasa percaya tadi dibawa sampai beberapa generasi ke bawah. Ada yang menganggap bahwa cicak merupakan hewan pembawa kesialan.

    Tapi ada juga yang beranggapan bahwa cicak merupakan hewan pendatang keberuntungan. Sebenarnya siapakah yang paling benar?

    Namanya mitos, tidak bisa dipegang kebenarannya.

    Berikut tanda kesialan yang disebut-sebut terjadi akibat kejatuhan cicak.

    1. Rezeki diambil orang

    Dinamakan sebagai rezeki yang hilang, karena ada jatah rezeki yang harusnya didapatkan tertunda. Entah hilang karena diambil orang, atau masih tertinggal di kolong langit. Tak ada yang tahu. Hanya saja sebenarnya orang itu mendapatkan jatah rezeki tadi. Cuma tidak bisa turun dan sampai ke tangan karena terhalang sesuatu. Boleh jadi rezeki yang harusnya didapatkan, sementara diberikan pada orang lain yang lebih membutuhkan dahulu.

    2. Ada anggota keluarga yang akan meninggal

    Memang ada-ada saja mitos mengenai cicak. Salah satu alasan takut kejatuhan cicak adalah adanya kutukan mematikan yang ditujukan pada anggota keluarga yang lain. Cicak jatuh mengenai tubuh salah satu anggota keluarga, maka satu pertanda bahwa ada anggota keluarga lain yang akan meninggal. Terdengar kejam dan mengerikan, ya?

     

     

    Cicak jatuh di ubun-ubun artinya >>>

    Mitos cicak jatuh ke ubun-ubun, pertanda sial?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES