1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    24 Mei 2017 09:33

    Pekerja kantoran sering ngeluh sakit pinggang, coba gerakan ini

    Jam kerja pegawai kantoran di Indonesia antara delapan sampai sembilan jam. Selama itu pula, pekerja lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk

    Feed.merdeka.com - Jam kerja pegawai kantoran di Indonesia umumnya delapan sampai sembilan jam. Selama itu pula, pekerja lebih banyak menghabiskan waktu duduk di depan komputer.

    Hal ini menyebabkan mata lelah, leher tegang dan pinggang pegal. Jika sudah merasakan tiga hal itu, tentunya semangat bekerja akan hilang.

    Di tengah kesibukan dalam bekerja, tak ada salahnya sedikit mencuri waktu melakukan gerakan-gerakan kecil agar tubuh dan pikiran kembali relaks dan santai. Tubuh yang sehat akan membuat produktivitas kerja menjadi lancar.

    Apa saja gerakan kecil yang bisa di lakukan tak jauh dari meja kerja:

    1. Memutar kursi

    Ini salah satu olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan buat pekerja kantoran. Kursi yang diduduki bisa membantu anda berolahraga. Bagaimana caranya?

    Rapat telapak kaki dengan lantai. Sementara tangan bisa memegang meja. Kemudian, putar kursi ke kiri dan kanan selama beberapa kali. Pastikan kaki tetap pada posisi menapak di lantai.

    Gerakan ini diyakini dapat meregangkan otot pada bagian tulang belakang sekaligus melancarkan peredaran darah. Lakukan secara rutin, tubuh anda semakin rileks.

    2. Mengangkat dua tangan ke atas, depan dan samping

    Gerakan ini juga tak terlalu sulit dilakukan di sela kerja anda. Luangkan waktu lima menit saja.

    Caranya, angkat dua tangan anda ke atas, kemudian saling mengait di antara jari. Berikan sedikit tenaga untuk mendorong jauh. Setelah ke atas, tangan bisa di pindahkan tepat di dada anda, kemudian menyamping ke kiri dan kana.

    Gerakan ini dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Utamanya pada lengan, bahu juga melancarkan aliran darah menurut penelitian University of the Sunshine Coast, Australia.

    3. Push Up di meja

    Gerakan ini agak sedikit berat. Namun manfaat yang ada rasakan sangat besar. Mau tahu caranya?

    Berdiri beberapa langkah di depan meja kerja mu. Kemudian rapatkan kaki dan telapak tangan menyentuh pinggiran meja.

    Kemudian lakukan gerakan seperti push up. Dada mu diarahkan ke meja. Lakukan dengan hitungan 10-20. Setelah itu sedikit rileks pada tubuh anda.

    4. Naik dan turun tangga

    Gerakan ini sangat cocok dilakukan bagi anda yang bekerja di kantoran. Naik dan turuniah di tangga kantor anda selama beberapa kali.

    Hal itu juga bisa menggantikan olahraga jika waktu tak sempat.

    5. Istirahatlah

    Selama lebih kurang 8 jam bekerja, ambillah waktu 15-30 menit beristirahat. Bisa sambil makan siang.

    Benar-benar manfaatkan waktu itu dengan bersenda gurau dengan rekan kerja anda dan tak menyinggung soal kerjaan. Setelah selesai sempatkan melakukan gerakan kecil, atau berjalan mengelilingi halaman atau koridor. Jangan lupa perbanyak air minum.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES