1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    16 Juni 2015 13:33

    6 Tipe Makan, Mana Tipe Anda?

    Mulai dari si tukang nyemil, si rakus, hingga si pecinta manis.

    Feed - Apakah Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan cara makan sehat? Sejatinya, beberapa orang punya cara makan yang berbeda-beda. Ada yang memilih mengonsumsi makanan bergizi, ada juga yang mengonsumsi makanan secara ugal-ugalan dengan dasar yang penting kenyang.

    Seperti dilansir dari Time of India, ada enam tipe si pemakan. Mulai dari si tukang nyemil, si rakus, hingga si pecinta manis. Simak penjelasan lengkapnya dan cari tahu bagaimana cara sehat mengatasi kebiasaan makan Anda.

    Si tukang nyemil

    via cleanindiajournal.com

    Tipe ini akan mengalami kesulitan untuk membiarkan mulut dalam kondisi kosong. Biasanya mereka akan mengonsumsi makanan ringan sepanjang hari. Jika sudah begitu, keinginan untuk mengunyah makanan sulit dihentikan dan berisiko kelebihan berat badan. Solusinya, biasakanlah untuk makan tiga kali sehari dengan tambahan camilan sehat seperti buah, wortel, atau roti gandum.

    Si rakus

    via straightupfood.com

    Tipe ini punya masalah soal rencana penurunan berat badan. Anda tak peduli soal berat badan dan terus mengonsumsi makanan dalam jumlah besar. Kebiasaan makan seperti ini biasanya dipicu oleh perasaan dalam diri. Saat Anda merasa kesepian, cemas, atau kesal, tipe ini akan menghabisi waktunya dengan mengonsumsi banyak makanan.

    Solusinya, terapkanlah kesadaran dan menganggap makanan sebagai rezeki, bukan hadiah. Nikmati makanan dengan perlahan dan kendalikan emosi Anda.

    Si pecandu diet

    via womenshealthmag.com

    Tipe ini punya kecenderungan untuk mencoba segala macam metode diet dan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bahayanya, Anda bisa kekurangan nutrisi dan tidak pernah puas dengan hasil diet yang diterapkan.

    Solusinya, berhentilah berpikir soal diet ekstrem. Coba lakukan diet yang seimbang dengan mengonsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil.

    Si pecinta manis

    via drfranklipman.com

    Anda punya kemauan besar untuk mengonsumi makanan sehat. Tapi hal itu bisa berpaling setelah dihadapkan dengan makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Hal itu tentunya akan berdampak buruk dan memiliki efek adiktif. Solusinya, cobalah untuk lebih relaks, membiarkan diri Anda mengonsumsi makanan sehat untuk menghentikan keinginan mengonsumi makanan kaya gula.

    Si pemakan segala

    via delectablychic.com

    Tipe ini akan selalu mengalami kegagalan dalam program penurunan berat badan. Secara tidak sadar, mereka akan mengonsumi makanan apa saja, termasuk makanan olahan miskin gizi.

    Solusinya, makanlah dengan cara yang baik dan menikmati setiap suapannya. Hentikan kebiasaan makan di depan TV atau di meja Anda untuk menjaga tubuh tetap sehat.

    Si pemakan untuk kenyamanan

    via express.co.uk

    Tipe ini biasanya menjadikan kebiasaan makan untuk alasan emosional, untuk mengisi kekosongan, atau mengalihkan perhatian dari perasaan yang menyakitkan. Jika dibiarkan, Anda akan kehilangan sinyal rasa lapar. Solusinya, lakukan latihan Mindfulness selama sepuluh detik untuk meningkatkan kesadaran dan membantu Anda mendongkrak kebiasaan makan secara normal.

    Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Merokok Sehabis Makan?

    5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Merasa Senang

    Empat Orang Tak Bisa Berhenti Makan, Makan Sabun Hingga Makanan Hewan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES