1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Indra    15 Juni 2015 13:33

    Kasus Bule Bugil yang Bikin Warga Lokal Geram

    Seharusnya bisa bersikap santun mengikuti budaya lokal setempat yang mereka singgahi. Tapi nyatanya?

    Feed - Wisatawan mancanegara seharusnya bisa bersikap santun mengikuti budaya lokal setempat yang mereka singgahi. Tapi nyatanya, beberapa dari mereka justru bertindak seenaknya dan membuat geram penduduk lokal.

    Kasus di Kinabalu, Malaysia misalnya, gempa berskala 6.0 SR yang menewaskan belasan pendaki pada 5 Juni lalu itu diduga dipicu akibat ulah para turis yang berfoto bugil di puncak gunung. Selain kasus Kinabalu, sederet turis ini juga pernah buat gaduh warga lokal lainnya, salah satunya di Jakarta.

    1. Bule bugil di HR Rasuna Said

    via merdeka.com

    Jumat, 13 Februari 2015 lalu, jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, dihebohkan dengan seorang bule pria yang berjalan tanpa busana. Dari beberapa foto yang diunggah warga melalu media sosial, bule tersebut terlihat hanya mengenakan tas punggung dan sandal jepit.

    Tidak diketahui identitas dan apa motif wisatawan itu melenggang tanpa busana. Tapi, bule beramput pirang itu membuat macet kawasan Rasuna Said.

    "Ada bule telanjang jalan kaki di Rasuna Said, and bikin macet.. *ternyata bule bisa gila juga..." kicau @PriyaSwayanuar, seperti dikutip dari merdeka.com.

    2. Bule bugil di Bali

    via backroads.com

    “Apa jadinya jika terlalu mendewakan para wisatawan. Turis-turis seperti ini akan terus berbuat seenaknya tanpa mengindahkan kearifan lokal bangsa Indonesia.” kata pemilik akun Facebook Rumble Cloth Bali.

    Kekesalan itu diutarakan setelah foto bule bertelanjang di sebuah bar di Bali heboh di media sosial Facebook. Foto tersebut dianggap tidak menghormati budaya lokal setempat.

    3. Bule bugil di Kamboja

    via dailymail.co.uk

    Dua kakak beradik perempuan asal Amerika ditangkap di Kamboja setelah berfoto telanjang di dalam kuil suci, Preah Khan. Keduanya didakwa dengan pornografi dan mengekspos organ seksual. Akibatnya, turis yang diketahui bernama Lindsey Adams dan Leslie dihukum dengan enam bulan kurungan penjara, denda US$250 atau Rp3,3juta, dan dilarang datang ke Kamboja selama empat tahun.

    4. Bule bugil di Malaysia

    via mirror.co.uk

    Warga negara bagian Sabah, Malaysia, geram akibat ulah turis yang berfoto bugil di puncak Gunung Kinabalu, satu pekan yang lalu. Pasalnya, usai foto itu tersebar, Gunung Kinabalu dilanda gempa dengan kekuatan 6.0 SR yang menewaskan belasan pendaki pada 5 Juni 2015 lalu.

    Seperti dikutip dari mirror.co.uk, salah satu pelakunya, Eleanor Hawkins, telah menyampaikan permohonan maaf atas tindakannya itu. Hawkins telah dibebaskan setelah tiga hari meringkuk di dalam penjara karena dianggap tidak hormat kepada gunung suci.

    Baca juga: Begini Panduan Bule Makan di Indonesia

    Mengapa Bule Benci Durian?

    Selain Rendang, Bule Juga Ketagihan Dengan Makanan Ini

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES