1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    19 Agustus 2016 12:38

    Trik Menyimpan Semangka Agar Awet Selama 6 Bulan

    Begini cara menyimpan semangka agar tahan lama.

    Feed.merdeka.com - Cara yang paling umum dilakukan untuk menyimpan buah-buahan adalah menyimpannya di kulkas. Namun, untuk beberapa buah seperti semangka sebaiknya jangan disimpan di dalam lemari pendingin.

    Itu karena kulkas membuat semangka kehilangan gizi yang terkandung di dalamnya. Lalu bagaimana memperpanjang umur semangka agar tetap segar? Begini ulasannya, seperti yang dilansir brightside.

    1. Pilih semangka yang tepat



    Tugas yang paling penting ialah memilih semangka tanpa retak, memar, atau tanda-tanda kerusakan lain di permukaannya. Tidak usah memilih semangka dengan ukuran besar. Ukuran yang paling tepat memilih semangka berukuran empat kilogram.

    Pastikan semangka memiliki kulit yang tebal dan jangan pilih semangka yang terlalu matang agar tidak mudah busuk.

    2. Gunakan lapisan pelindung


    Metode ini pertama kali dikembangkan di India dengan semangka dilapisi minyak parafin atau lilin. Lapisan ini dapat melindungi semangka dari lingkungan eksternal dan menjaga semangka selalu lembap. Lapisan pelindung dibuat dengan cara berikut:

    - Lap semangka dengan kain kering.

    - Cairkan minyak parafin atau lilin dengan menggunakan air, Anda dapat menggunakan lilin biasa, asalkan sumbu lilin dibuang dan potong lilin jadi kecil-kecil.

    - Lalu oleskan secara merata ke permukaan semangka, tutupi dengan ketebalan sekitar 0,5 cm. Biarkan minyak parafin atau lilin mendingin dan mengeras.

    3. Penyimpanan



    Tempatkan semangka tertutup dalam sebuah kotak yang penuh dengan jerami atau dilapisi dengan koran. Simpah di tempat gelap, sejuk, dan kering.

    Jangan lupa untuk selalu memeriksa semangka untuk melihat tanda-tanda kebusukan muncul di permukaan lilin. Jika semangka ingin dinikmati, jangan lupa untuk membersihkan lapisan pelindung dengan bersih.

    Baca juga:

    Biji Semangka Bukan Cuma Buat Kuaci, Dia Enak Buat Obat

    Cucamelon, "Semangka" Berukuran Mini yang Bikin Gemas

    Arti Bercak Kuning di Bokong Semangka Itu Ternyata...

    Kulit Semangka Juga Super untuk Tubuh

    Semangka Ternyata Ampuh Tumpas Perut Bergelambir

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES