1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    25 Mei 2016 15:08

    Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

    Diabetes ialah salah satu penyakit yang rentan untuk berpuasa.

    Feed.merdeka.com - Bulan Ramadhan akan segara tiba, bulan yang mengharuskan umat Islam berpuasa untuk mendapat pahala. Namun, untuk umat Islam yang mengidap penyakit kronik macam diabetes akan muncul rasa kekhawatiran --apakah dapat menjalanan ibadah puasa dengan optimal?

    Diabetes ialah salah satu penyakit yang rentan untuk berpuasa. Untuk itu, Dr. Wismandari Wisnu, SPPD, spesial penyakit dalam RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, memberikan tips menjalani puasa aman bagi penderita diabetes.

    "Sebaiknya sebulan sebelum berpuasa, penderita diabetes dapat berkonsultasi dengan dokter. Agar kita aman atau tidak menjalankan puasa," ujar dr. Wismandari saat ditemui di RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Mei 2016.

    Dokter pun akan melihat tipe diabetes, obat yang digunakan insulin atau obat minum, risiko hipoglikemia, komplikasi penyakit serta pengalaman puasa tahun sebelumnya. Sebaiknya selama berpuasa Anda rajin mengecek gula darah dengan alat pemeriksaan gula darah.

    "Jika risiko tinggi, Anda bisa mengecek beberapa kali. Dan, ketika risiko Anda rendah, bisa mengecek satu hingga dua kali per hari. Waktu yang tepat mengecek gula darah saat puasa pun pada saat pagi sebelum sahur, jam 12 siang, jam 3 sore, sebelum buka puasa serta dua hingga tiga jam setelah buka puasa," tambah dr Wismandari.

    Puasa hanya mengubah makan, bukan ada pembatasan kalori dan tidak ada obat siang hari. Obat pada pagi hari bisa Anda minum saat sahur, Sedangkan obat di siang hari Anda bisa minum saat buka puasa dan setelah tarawih.

    Saat berpuasa Anda bisa tetap olahraga asalkan tahu kapan waktu yang tepat. "Sebaiknya Anda berolahraga sejam sebelum buka puasa agar tidak terjadi gula darah rendah. Tidak disarankan olahraga berat karena akan menyebabkan dehidrasi," tambah dr. Wismandari.

    Baca juga:

    Intip Trik Zee Zee Shahab Dapatkan Menu Sahur & Buka Puasa

    Ciri Ibu Hamil yang Terkena Diabetes

    Makanan Sahur yang Bikin Cepat Haus

    3 Kunci Utama Terhindar dari Diabetes

    Bakteri Ini Cegah Obesitas, Kanker Usus, dan Diabetes

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES