1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    25 Mei 2016 13:00

    Kapan Waktu Paling Tepat Menggunakan Alat KB?

    Untuk mencapai tujuan yang tercapai, Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan alat kontrasepsi.

    Feed.merdeka.com - Seperti yang kita ketahui, alat kontrasepsi digunakan untuk menunda kehamilan. Kontrasepsi pun digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi dengan cara mengatur jarak kelahiran.

    Untuk mencapai tujuan yang tercapai, Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan alat kontrasepsi. "Sebaiknya setelah hamil, gunakan alat kontrasepsi setelah 40 hari kelahiran," ujar dr. Boy Abidin, SpOG saat ditemui di bilangan Cikini, Jakarta Pusat.

    Alat kontrasepsi pun dibagi menjadi dua macam, hormonal dan non hormonal. Metode KB non-hormonal dianggap yang sangat cocok untuk ibu yang menyusui, salah satunya yaitu Metode Amenore Laktasi (MAL).

    Sedangkan metode non-hormonal lainnya adalah kondom, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR), Kontrasepsi Mantap (Tubekstomi dan Vasektomi). "Untuk pemilihan alat kontrasepsi bagi ibu menyusui memang harus hati-hati. Pilihlah yang tidak menggangu ASI seperti berkurangnya ASI," tambah dr. Boy

    Namun, WHO sebagai badan kesehatan dunia menyarankan agar ibu mulai menggunakan KB hormonal yang tidak mengandung progesteron. "KB hormonal seperti menggunakan pil KB, dan pilihan pil yang tidak mengandung esterogen," ungkap dr. Boy.

    Baca juga:

    Menguak Mitos Alat Kontrasepsi

    6 Dampak Buruk Alat Kontrasepsi yang Pantang Diabaikan Wanita

    Kapan Waktu Paling Tepat Menggunakan Lotion?

    Kapan Waktu yang Tepat Hentikan Kebiasaan Ngedot pada Anak?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES