1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     9 Januari 2018 12:02

    Ternyata ini arti 7 warna haid yang penting diketahui wanita

    Warna darah haid juga memiliki arti khusus untuk melihat kondisi kesehatan Anda.

    Feed.merdeka.com - Haid atau menstruasi merupakan siklus yang normal dialami wanita. Namun, tahukah Anda bahwa mengecek kondisi kesehatan rahim tak hanya dengan memastikan siklus datang bulan yang tepat waktu. Anda juga bisa memperhatikannya dengan melihat warna darah haid

    Menurut The American College of Obstetricians dan Gynecologists, tanda vital kondisi kesehatan seseorang bisa dilihat dari siklus haid. Nah, tidak cuma menjadi indikator kehamilan, haid juga berkaitan dengan hormon yang ada di seluruh tubuh, lho. Ini kenapa warna darah haid juga memiliki arti khusus untuk melihat kondisi kesehatan Anda.

    Yuk, cek 6 arti warna darah haid yang perlu kamu ketahui berikut ini:

    1. Warna merah muda

    Berarti kadar estrogen dalam tubuh rendah. Dampaknya bukan hanya pada siklus menstruasi saja, tapi juga memicu risiko osteoporosis.

    Praktisi keperawatan di New York – Margaret Romero menyampaikan bahwa darah haid yang berwarna merah muda menunjukkan bahwa Anda memiliki kadar estrogen yang rendah. Apalagi jika alirannya sedikit dan tidak terlalu 'deras' di hari-hari pertama haid. Olahraga berlebihan atau turunnya berat badan dalam waktu singkat bisa menyebabkan rendahnya kadar estrogen.

    Solusinya: Konsumsi makanan ringan yang kaya protein, seperti yoghurt dan kacang almond. Atur pola olahraga, usahakan tak terlalu berlebihan.

    2. Merah pudar yang berair

    Ini merupakan pertanda bahwa Anda kekurangan nutrisi. Jika teksturnya agak encer bisa jadi anemia.

    Dokter obgyn di Mount Sinai School of Medicine New York – Alyssa Dweck, MD mengatakan, jika warna darah adalah merah muda yang berair (pudar) bisa dikatakan Anda mengalami kekurangan nutrisi. Sedangkan jika darah ini agak encer, bisa jadi tanda bahwa Anda mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Hal ini disebabkan Anda terlalu banyak mengeluarkan darah haid.

    Solusinya: Banyak konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang dan zat besi. Jika kurang dari satu jam pembalut sudah sangat penuh, Anda harus bangun malam untuk mengganti pembalut, lelah, serta tubuh terasa melayang, maka kamu harus mengecek kadar zat besi.

    Jika selama dua atau tiga siklus haid kamu melihat warna darah haid seperti ini, tak ada salahnya konsultasikan ke dokter.

    3. Warna cokelat tua

    Jika warna darah haid Anda coklat tua, ini menandakan darah sudah tersimpan dalam rahim untuk waktu yang lama, bisa juga karena rendahnya kadar progesteron.
    Anda tak perlu khawatir kalau ini terjadi dengan Anda karena hal itu normal dialami wanita.

    Darah haid yang berwarna cokelat tua merupakan lapisan rahim dan darah yang perlu waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh. Darah haid ini juga memiliki waktu lebih lama untuk beroksidasi, sehingga warnanya yang semula merah menjadi cokelat tua – bahkan hampir hitam.

    Hal seperti ini biasanya terjadi pada awal atau mendekati akhir periode menstruasi dengan aliran yang tidak deras atau hanya bercak saja. Selain itu, wanita dengan siklus menstruasi yang tak teratur cenderung mengalami darah haid berwarna cokelat tua. Hal ini dikarenakan rendahnya kadar progesteron yang menyebabkan sel telur tidak sepenuhnya terlepas dari dinding rahim.

    Solusinya: Konsumsi makanan kaya vitamin B, seperti telur untuk meningkatkan kadar progesteron.

    Warna haid lainnya di halaman selanjutnya >>>

    Ternyata ini arti 7 warna haid yang penting diketahui wanita (II)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES