1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FOTO VIRAL


  8. Reporter :     9 Januari 2018 07:00

    Foto viral ini bikin netizen marah karena...

    Jika jeli, Anda bisa melihat bahwa pedestrian ini berujung di...

    Feed.merdeka.com - Sebuah gambar pedestrian menjadi viral di media sosial, khususnya Facebook. Namun, gambar tersebut menuai kemarahan warganet.

    Sekilas,tak ada yang salah dengan foto jalan khusus bagi pejalan kaki itu yang ditulis berada di  Jalan Gajah Mada, Mojokerto, Jawa Timur itu. Terlihat trotoar yang dilengkapi jalur khusus di bagian tengah--yang disebut jalan khusus bagi penyandang disabilitas.

    Namun jika jeli, Anda bisa melihat bahwa pedestrian itu berujung di... kali! Bisa dibayangkan jika ada penyandang disabilitas benar-benar mengikuti jalur itu hingga ke ujungnya.

    Foto yang diunggah pengguna Facebook Valen Tino itu kemudian di-repost oleh akun Koalisi Pejalan Kaki itu menuai beragam komentar. Namun, sebagian besar menyayangkan pembangunan jalur khusus penyandang disabilitas yang terkesan asal-asalan.

    Pembangunan pedestrian ini salah desain atau...?
    © 2018 feed.id/Facebook/Valen Tino via Koalisi Pejalan Kaki

    Naomi Paramita Adhi: Guiding block dengan tekstur tertentu dirasakan/diraba dengan tongkat. Saudara2 kita yang difabel berlatih utk mengenali tekstur menggunakan tongkat; apakah guiding block itu teksturnya garis2 yg artinya jalan terus atau bulat2 yg artinya berhenti, dan lain sebagainya. Jadi kalau tongkatnya meraba bentuk garis lurus seharusnya artinya jalan terus dan di gambar di atas malah mengarahkan menuju kali. Sangat disayangkan memang meski sudah ada itikad baik menggunakan guiding block tetapi krn kekurangpahaman malah bisa berdampak negatif...

    Widodo Tirtosudarmo: Kontraktornya aja yang gak ada pikirannya. Aneh...

    Koalisi Pejalan Kaki: diperlukan peran aktif berupa #auditsosial dari masyarakat atas pembagunan fasilitas umum...

    Luki Santi: Penyandang disabilitas di Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh banyak pihak. Jika masih banyak fasilitas umum di Indonesia seperti difoto ini seolah-olah menunjukkan penghinaan paling dalam untuk penyandang disabilitas.

    Farahani Qamadhieta: Sedih euy lihatnya. Nyokap gue buta, kebayang kalau beliau jalan pasti jadi bingung.

    Selain ramai di media sosial, foto ini juga menjadi pemberitaan di salah satu media asing, Coconuts.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES