1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     8 Januari 2018 15:00

    Jangan lewatkan, fenomena bulan langka di Langit Indonesia

    Catat tanggalnya! Fenomena ini terakhir terlihat lebih dari 150 tahun lalu.

    Feed.merdeka.com - Jika Anda terkesima dengan super moon yang muncul saat pergantian tahun lalu, tunggu sampai Anda melihat fenomena ini. Pada 31 Januari 2018 tengah malam akan ada fenomena bulan langka.

    Dikutip dari laman Science Alert, 7 Januari 2018, bakal ada penampakan tak hanya super moon, tapi juga blue moon dan blood moon

    Bulan kebiruan (blue moon) yang tampak besar (super) itu akan terlihat pada bulan purnama kedua di Januari. Nah, dua fenomena selestial ini ternyata bertepatan juga waktunya dengan gerhana bulan total. Dalam fenomena ini, warna bulan seolah-olah berubah menjadi kemerahan atau dikenal juga dengan fenomena blood moon.

    Ketiga fenomena bulan besar akan terjadi dalam satu malam yang indah. Dan, tempat terbaik untuk menyaksikan langit malam dengan fenomena langka itu, menurut Space.com, adalah Asia bagian tengah dan timur, Indonesia, Selandia Baru, dan Australia.

    Tiga fenomena ini terakhir kali terlihat beriringan lebih dari 150 tahun lalu. Menurut Canon of Lunar Eclipses, manusia terakhir kali melihat gerhana bulan total dari blue moon ini pada 31 Maret 1866.

    Jadi, catat tanggalnya dan tunggulah fenomena langka ini di langit malam Indonesia. Perlu langit yang bersih dari awan agar Anda bisa melihat dengan jelas fenomena ini.

    Foto: Blood moon (Pixabay)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES