1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     27 Februari 2018 07:02

    Tak disangka, inilah benda terjorok di dapur

    Jumlah kuman di benda ini sama dengan jumlah kuman di sampel tinja.

    Feed.merdeka.com - Ketika Anda hanya punya beberapa menit untuk merapikan dapur, mungkin Anda akan fokus membersihkan meja atau bagian kompor. Namun, sebagian besar Anda melewatkan benda paling jorok di dapur ini.

    Dikutip dari laman Science Alert, 24 Februari 2018, tim Trust Me I'm a Doctor dari BBC baru-baru ini mendemonstrasikan eksperimen untuk melihat seberapa cepat kuman-kuman muncul kembali di permukaan dapur setelah dibersihkan dengan anti-bakterial.

    Hasilnya menunjukkan bahwa mikroba mulai berkolonisasi di atas meja dan permukaan dapur lainnya hampir seketika, dan dalam 12 jam telah tumbuh berbagai macam jamur.

    Namun ternyata, permukaan-permukaan di dapur dan bagian rumah lainnya itu bukanlah areal utama yang harus Anda perhatikan. Karena sebagian besar mikroba yang hidup di sana tidak berbahaya. Ternyata, mikroba yang berbahaya itu tidak harus muncul di "permukaan-permukaan."

    NSF International meneliti kediaman 22 keluarga pada 2011 yang melap peralatan rumah tangga 30 kali setiap hari untuk melihat benda mana yang paling banyak dihuni bakteri koliform--ini merupakan keluarga bakteri yang kerap menyebabkan keracunan makanan. Escherichia coli (E. coli) termasuk dalam keluarga ini.

    Nomor satu ternyata adalah busa cuci piring dan lap dapur. Sekitar 75 persen dari benda ini terkontaminasi bakteri koliform.

    NEXT: List tempat terkotor di dapur

     

     

    Tempat paling jorok di dapur

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES