1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Stella Maris    30 November 2017 10:01

    Penyakit mematikan ini bisa serang orang sehat

    Gejala TBC peniru, seperti...

    Feed.merdeka.com - Tidak merokok, rajin berolahraga, menjaga pola makan adalah beberapa usaha agar tubuh tetap sehat. Namun siapa sangka, seseorang yang terlihat sehat, justru dapat terserang penyakit mematikan ini.

    Adalah tuberkulosis atau TBC. Penyakit TBC disebut mematikan karena jumlah penderitanya terus bertambah dari waktu ke waktu. Padahal penyakit itu sebenarnya bisa dicegah dan disembuhkan.

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dari Kementerian Kesehatan, dr. Wiendra Waworuntu mengatakan bahwa TBC merupakan penyakit endemik Indonesia yang harus segera dikendalikan penyebarannya.

    "Saat ini, di Indonesia terdapat sekitar 1.020.000 kasus TBC per tahun dan angka kematian mencapai 100.000 orang per tahun," kata Wiendra, Kamis 30 November 2017.

    Angka kematian yang besar itu, kata Wiendra karena rendahnya pengetahuan terhadap TBC. Bukan hanya itu saja, TBC ditegaskan Kepala Sub Direktorat TB, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Asik Surya juga dapat menyerang segala usia.

    "Semua berpotensi menderita TBC karena penularannya multidimensi dari berbagai faktor risiko, seperti ditularkan dari tetangga, kondisi lingkungan yang padat, kumuh. Bahkan orang sehat pun bisa menderita TBC," kata Asik.

    Selanjutnya>>> Gejala TBC peniru....

     

    (Foto: ilustrasi TBC/allencountyhealth.com)

     

    Kenali Gejalanya

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES