1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Zika    25 Agustus 2015 13:29

    Makanan Paling Ampuh Mengatasi Sakitnya Patah Hati

    Ternyata semua makanan yang tidak sehat ini "diperbolehkan" oleh sains.

    Feed - Ada beberapa makanan yang terasa nikmat sekali dimakan setelah putus dari pasangan: es krim setumpuk, cokelat berbagai jenis, martabak dengan varian Nutella. Ternyata semua makanan yang tidak sehat ini "diperbolehkan" oleh sains. Karena dalam penelitian, ada beberapa panganan tidak sehat yang akan mengatasi sakitnya patah hati.

    Makanan yang liat dan lengket
    Sebagai contoh semangkuk makaroni keju yang dipanggang dengan sempurna atau pizza. Menurut studi, bukan makanannya yang membuat seseorang merasa tenang, tapi perasaan baik yang dikaitkan dengan makanan tersebut-lah yang membuat mereka nyaman. Anda yang patah hati mencari perasaan sayang dan nyaman macam itu melalui makanan.

    Makanan asin dan gurih
    Sebuah studi membagi sekelompok orang menjadi dua grup. Grup pertama adalah mereka yang makan keripik dengan perasaan biasa-biasa saja. Sedangkan grup kedua adalah mereka yang makan keripik sambil mengingat pertikaian yang pernah terjadi dengan pasangan masing-masing.

    Hasilnya, grup kedua merasa keripik yang mereka makan lebih enak dibanding yang dimakan oleh grup pertama. Kesimpulan dari studi ini adalah otak dan mulut manusia cenderung melebih-lebihkan rasa sebuah makanan ketika merasa sedih dan terisolasi.

    Cokelat
    Apa pun bentuk cokelat akan terasa enak ketika patah hati. Rasanya yang lumer di dalam mulut, diasosiasikan dengan kondisi positif manusia yang memperbaiki diri setelah mengalami patah hati.

    Es krim
    Menurut sebuah studi yang dirilis oleh NPR, perasaan yang hebat macam patah hati bisa menipu otak mengenai jumlah asupan lemak yang masuk ke tubuh. Seseorang yang patah hati, secara tidak sadar, akan bisa menghabiskan satu galon es krim sendirian. "Dorongan emosi yang kuat bisa membingungkan indera kita yang peka mengenai persepsi rasa," demikian ujar Elissa Epel, seorang pakar psikologi kesehatan dari University of California, San Francisco, seperti dikutip dari The Salt.

    Baca juga:

    3 Hikmah Patah Hati 

    Senyum Tipis Para Bayi, Bikin Hati Lebur 

    5 Cara Cepat Hilangkan Galau Putus Cinta

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES