1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    18 Juni 2015 13:04

    Jerawat Bisa Menggambarkan Kesehatan Anda

    Jerawat bukan sekedar noda.

    Feed - Jengkel rasanya jika jerawat datang. Umumnya jerawat muncul karena kulit wajah yang kotor dan berminyak.

    Tetapi jerawat sebenarnya bukan sekadar noda. Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Mt. Sinai Hospital di New York City, jerawat dapat mengirim pesan yang cukup jelas tentang kesehatan dan kebersihan seseorang.

    Berikut penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari goodhousekeeping.com.

    Jerawat di dagu, rahang, atau leher

    via cystic-acne

    Jerawat ini biasa muncul karena masa pre-menstrual syndrome (PMS). Hormon seperti testosteron berfluktuasi sepanjang siklus datang bulan dan membuat kelenjar yang menghasilkan lebih banyak minyak, menyumbat pori-pori, dan menyebabkan jerawat. Pencegahannya, Anda harus melakukan perawatan wajah yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk menjaga kulit wajah tetap aman.

    Jerawat di hidung dan dahi

    via livestrong.com

    Stres adalah pelaku utama munculnya jerawat di bagian hidung dan dahi. Ketika hal-hal mulai mendinginkan suasana hati, tubuh Anda secara otomatis akan melepaskan perasaan tegang yang dapat meningkatkan produksi minyak dan meningkatkan kemungkinan jerawat. Pencegahannya, ketika stres datang, lakukanlah pengobatan wajah untuk daerah-daerah atau seluruh wajah.

    Jerawat di garis kepala

    via myhealthtips.in

    Jerawat di kepala muncul karena produksi minyak pada rambut yang terlalu banyak. Tatanan rambut juga mempengaruhi datangnya jerawat. Jika akar rambut Anda kusut, hal itu dapat berisiko menyumbat pori-pori Anda. Pencegahannya, hindari menggunakan produk minyak rambut untuk bagian dahi dan pastikan untuk mencuci tangan setelah menggunakan produk rambut.

    Jerawat di pipi

    via neveracne.com

    Jerawat di pipi muncul karena ulah tangan kotor Anda. Apa pun yang menyentuh wajah Anda untuk jangka waktu yang panjang, dapat mentransfer kotoran dan menyumbat pori-pori pada kulit Anda. Pencegahannya, bersihkan ponsel Anda dengan tisu anti-bakteri setiap hari. Seperti diketauhi, ponsel merupakan salah satu sarangnya kuman, bahkan lebih kotor dari toilet.

    Jerawat di sekitar mulut

    via livestrong.com

    Diet adalah penyebab utama timbulnya jerawat di sekitar mulut. Ampas dari makanan asam dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan. Sedangkan sisa-sisa makanan berminyak yang digoreng dapat memblokir pori-pori Anda. Pencegahannya, gunakan pembersih tisu pembersih muka untuk menghapus iritasi tak terlihat di sekitar mulut Anda setelah makan.

    Jerawat di dada dan punggung

    via focusacne.com

    Jerawat ini muncul karena keringat yang menempel pada pakaian Anda. Bakteri pada pakaian menyebabkan jerawat tumbuh subur di tempat-tempat lembab. Pencegahannya, kenakan pakaian yang mampu menahan kelembaban ketika beraktivitas di luar ruangan.

    Baca juga : Begini Efek Make-Up Bekas Pada Wajah

    Begini Wajah Polos Para Supermodel

    Wajah Mereka Hancur Selepas Operasi Plastik

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES