1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    18 Juni 2015 14:06

    4 Godaan Terbesar Saat Puasa

    Puasa tidak hanya berbicara soal menahan lapar dan haus saja.

    Feed - Bagi umat muslim, bulan puasa adalah watkunya untuk mengumpulkan segala kebaikan. Semakin banyak godaan yang bisa ditangkis, maka semakin tinggi kualitas puasanya.

    Secara syariat, puasa tidak hanya berbicara soal menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menjaga diri untuk tidak berbuat hal yang merugikan orang lain. Terdengar mudah, namun aksinya sulit diterapkan. Berikut adalah godaan yang paling umum saat puasa.

    1. Lapar dan haus

    via dailyburn.com

    Ini adalah godaan yang paling umum dirasakan bagi mereka yang menjalankan puasa. Di Indonesia, setidaknya kita harus menahan lapar dan haus selama 12 jam. Bagi mereka yang tak terbiasa menjalankan ibadah ini, lapar dan haus jadi hal terberat dalam hidupnya.

    2. Emosi

    via scarymommy.com

    Emosi seseorang kadang sulit untuk dikendalikan. Jika sudah meledak, hancur sudah suasana hati. Inilah yang sulit dikontrol selama bulan puasa, terlebih mereka yang memiliki sifat pemarah. Seperti dilansir konsultasisyariah.com, berpuasa adalah waktunya kita untuk menjadi pribadi yang berwibawa, menjaga kehormatan, dan berusaha bersabar dalam setiap keadaan.

    3. Kantuk

    via foodfitnesslifelove.com

    Saat bulan puasa, mengantuk jadi hal yang sulit untuk dihindari. Hal itu disebabkan karena metabolisme pada tubuh yang berubah. Rasa kantuk yang tak tertahankan juga timbul dikarenakan menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.

    4. Gosip

    via lists10.com

    Gosip atau menyebarkan kabar burung bisa dikatakan jadi konsumsi masyarakat Indonesia sehari-hari. Baik di warung kopi, perkumupulan ibu-ibu, atau sekumpulan orang yang jumlahnya lebih dari dua orang, rasanya tidak sah untuk tidak membicarakan orang lain.

    Hal ini yang harus dihindari dan menjadi godaan selama bulan puasa. Seperti yang dikatakan Ustaz Yusuf Mansur, dalam Alquran surah Al-Hujarat ayat 12, dikutip merdeka.com, prasangka itu dosa, bisa menghilangkan pahala, dan sebaiknya hal itu dihindari.

    Baca juga : Makanan Kelewat Imut Ini Dijamin Bikin Gemas

    6 Tipe Makan, Mana Tipe Anda?

    Cara Enak Jadikan Buah Sebagai Makanan Penutup

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES