1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    20 November 2014 10:00

    Kehidupan ‘Liar’ Penuh Pesona di Tanah Flores

    Tak perlulah membelah benua demi mencari keindahan, datang saja ke sini, ke ujung timur Pulau Flores, tempat di mana nelayan berdansa dengan gelombang, dan jika ke sana Anda akan pulang membawa seribu kenangan.

    Feed - Lupakan sejenak kehidupan peradaban modern di ibu kota. Ini sudah bukan waktunya lagi untuk memikirkan iming-iming potongan harga atau gadget mutahir model apa yang harus dijadikan koleksi. Kembali ke alam akan membawa jiwamu seperti terlahir kembali dengan hempasan udara segar yang menabrak dari segala arah.

    Tak perlu membelah benua, di bagian Timur Indonesia tepatnya di Pulau Flores, kita akan disuguhkan keindahan alam, ragam flora fauna, serta eksotisnya budaya dan adat istiadat yang sulit dianulir pesonanya. Pulau mungil di Nusa Tenggara Timur ini seakan menjadi kepingan surga yang dilempar ke dunia oleh sang Pencipta.

    Spesies kadal terbesar dunia yang kadang disebut sebagai jelmaan seekor naga berkembang biak dengan sempurna di tanah Flores. Tak heran jika Pulau Komodo sempat menjadi salah satu bagian dari keajaiban dunia. Selain Pulau Komodo, berikut tempat yang bisa kamu kunjungi di tanah Flores.

    1. Bajawa

    Bajawa merupakan nama sebuah kampung terbesar di Nusa Tenggara Timur yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Ngada. Meski jauh dari kata modern, kampung ini mampu menyedot banyak wisatawan asing melalui komunitas adat di dalamnya.

    Memiliki jumlah penduduk sekitar 45.000, lukisan alamnya begitu cantik dengan sambutan udara sejuk yang terasa tiap detik. Bentang alam Laut Sawu di selatan dan Gunung Ebulobo di timur akan tergambar jelas dari tanah Bajawa. Baca selengkapnya di sini.

    2. Pantai Koka

    Seribu satu keindahan alam di tanah Flores masih bisa dinikmati dari pesisirnya yang eksotis. Pantai Koka. Pantai ini telah menjelma menjadi primadona yang dikagumi wisatawan domestic dan mancanegara.

    Hamparan pohon kelapa dan kebun penduduk yang membentang diperbukitan memberi kesan alami di sekitar pantai. Pantai yang memiliki warna putih keemasan ini lebih jauh dikenal oleh turis turis Belanda sejak tahun 90-an.

    Untuk bertahan di pantai ini, disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup. Karena Panta Koka ini terbilang masih perawan dan belum dijamah oleh banyak tangan manusia. Sehingga belum banyak fasilitas yang memanjakan para wisatawan. Baca selengkapnya di sini.

    3. Danau tiga warna Kelimutu

    Cukup banyak keindahan alam yang menakjubkan di pulau ini. Salah satunya berada di puncak Gunung Kelimutu, yakni Danau Kelimutu atau sering kali disebut dengan danau tiga warna. Mengapa demikian? Danau ini memiliki tiga warna yang berbeda dan uniknya, perubahan warnanya terjadi seiring waktu berjalan.

    Jalan masuk untuk menyimak pesona danau tiga warna ini, wisatawan harus menyusuri anak tangga dengan berjalan kaki. Tidak mahal untuk bisa masuk ke tampat wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar retribusi sebesar Rp 2.000. Baca selengkapnya di sini.

    4. Air Terjun Cunca Wulang

    Terletak di Desa Wersawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Air Terjun Cunca Wulang punya pesona yang tak kalah eksotis dari kawasan wisata lainnya.

    Untuk mencapai ke air terjun ini cukup sulit. Karena harus melompati batu demi batu dan mendaki. Rumitnya rute perjalanan akan terbayar ketika melihat indahnya Air Terjun Cunca Wulang. Kamu bisa melompat bebas ke dalam air jerni dari ketinggian 4 meter. Baca selengkapnya di sini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES