1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Dwifantya Aquina    26 Oktober 2017 08:01

    Ini waktu terbaik memesan tiket pesawat agar dapat harga murah

    Ternyata ada hari-hari tertentu yang 'diharamkan' untuk membeli tiket pesawat, karena harganya bisa melonjak lebih dari 100 persen.

    Feed.merdeka.com - Traveling harus menjadi kegiatan yang rutin dilakukan agar pikiran senantiasa segar. Sejumlah penelitian bahkan membuktikan bahwa pikiran yang segar setelah melakukan traveling bisa berpengaruh terhadap produktivitas seseorang.

    Namun, seringkali rencana traveling menghadapi kendala. Apalagi kalau bukan masalah uang. Apalagi jika Anda traveling dengan pesawat, bujet yang dikeluarkan bisa lebih banyak.

    Namun, menurut riset yang dilakukan oleh situs perbandingan wisata, Momondo, Anda harus mengetahui waktu terbaik memesan tiket pesawat untuk bepergian. Dengan begitu, maka Anda dapat menghemat akomodasi perjalanan.

    Jadi, kapan waktu terbaik memesan tiket pesawat? Jawabannya adalah 53 hari sebelumnya.

    Pemesanan tiket pesawat 53 hari sebelum waktu keberangkatan dapat menghemat hingga 26 persen biaya perjalanan liburan Anda.

    Selain tanggal pemesanan, terbang pada hari tertentu dan antara jam tertentu juga dapat membantu penghematan biaya perjalanan.

    Hari-hari termurah untuk terbang adalah Selasa dan Rabu, sedangkan yang paling mahal adalah Sabtu. Mereka yang terbang pada Sabtu dapat membayar hingga lebih dari 11,5 persen.

    Hari penerbangan populer lainnya adalah Jumat, Minggu dan hari libur anak sekolah. Hari-hari tersebut harus dihindari agar biaya tiket pesawat tidak membludak.

    "Kami akan selalu menyarankan wisatawan untuk tetap menggunakan aturan-aturan perjalanan 'emas', untuk mendapatkan tarif termurah. Secara umum, memang sebaiknya membayar dua bulan di muka. Kami menemukan tren ini konsisten di seluruh papan, sehingga pemburu tawar-menawar harus mempertimbangkan terbang di malam hari dan pada hari Selasa jika mungkin," kata Lasse Skole Hansen dari Momondo seperti dilansir Independent.co.uk.

    Momondo menyebut, jadwal penerbangan dengan harga tiket termurah adalah pada pukul 06.00 pagi atau 00.00 dini hari. Pada jam sibuk, atau pada pukul 10.00 hingga 15.00, harga tiket pesawat bisa lebih mahal hingga 6 persen dari harga normal.

    Faktor lain yang mendorong harga tiket pesawat terbang lebih mahal adalah saat peak season di bulan Juni, Juli dan Agustus, terutama selama musim liburan sekolah.

    Tips lain dari Momondo untuk harga tiket pesawat murah termasuk mempertimbangkan membedakan pemesanan tiket pulang dan pergi Anda, menjadi fleksibel dengan tanggal Anda inginkan, menggunakan situs perbandingan dan mendaftar ke newsletter perjalanan.

    Selamat mencoba!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES