1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter :     14 Februari 2018 16:00

    Jadi cosplayer, gadis cantik ini raup penghasilan Rp1,2 miliar

    Ia melakukan pendekatan ke penggemarnya melalui layanan live streaming. Ia memikat mereka dengan cara..

    Feed.merdeka.com - Pernahkah Anda menerka berapa bayaran untuk seorang cosplayer atau orang suka berkostum ala tokoh animasi Jepang? Mungkin Anda akan terkejut setelah membaca yang berikut ini.

    Enako adalah seorang cosplayer Jepang cantik yang menghasilkan sekitar US$ 2.000 per jam atau sekitar Rp28,5 juta. Ia menghasilkan uang puluhan juta rupiah 'hanya' dengan memamerkan penampilannya saat mengenakan pakaian cosplay yang memikat.

    Cosplayer berusia 24 tahun yang memiliki media sosial dengan followers dalam jumlah besar di Jepang itu mengungkapkan, dua tahun lalu pendapatan regulernya sudah melebihi US$9.280 per bulan atau setara dengan Rp132,5 juta, pada saat itu seperti dikutip Nextshark.com.

    Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dalam acara TV populer "Downtown DX", Enako mengungkapkan bahwa walaupun sulit membangun basis penggemar setia, dia tetap mampu bertahan. Meski banyak wajah yang lebih segar di dunia cosplay, kekuatan produktifnya tidak menurun meski ada kompetisi baru.

    Enako kerap dipekerjakan sebagai model di stand barang dagangan dimana dia bisa menarik hingga seribu pelanggan. Dia juga melakukan sesi pemotretan foto yang bisa memancing ratusan fotografer mendaftar untuk mengambil fotonya.

    Hanya dengan melakukan ini dan berbagai kegiatan cosplay lainnya, Enako mengklaim bahwa dia bisa menghasilkan lebih dari US$ 90.900 atau sekitar Rp1,2 miliar pada bulan Desember saja.

    Menurut Soranews24, pendapatan sebagian besar disebabkan oleh peristiwa besar seperti edisi musim dingin Comiket, pertemuan otaku terbesar di Jepang. Seiring kepopulerannya melampaui acara cosplay, Enako juga menaklukkan media sosial dengan bergabung dalam layanan live streaming.

    Dengan menggunakan aplikasi live streaming lokal yang populer, dia melakukan dua sesi obrolan video langsung bulan ini, yang menurutnya cukup menggiurkan. Mirip dengan platform streaming seperti Twitch di Amerika Serikat, pengunjung yang melihatnya bisa memberi sumbangan ke Enako saat sesi obrolan.

    Melalui usaha Live.me-nya, dia mengungkapkan bahwa dia mampu menghasilkan hingga US$ 1.856 atau sekitar Rp26,5 juta per jam karena pemirsa yang murah hati.

    Selain sumbangan ini, Enako juga menggunakan platformnya untuk menjual beberapa barang dagangan pribadi, termasuk penutup bantal huggy ukuran penuh yang menampilkan gambarnya, dengan penjualan yang sangat cepat.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES