1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    31 Mei 2017 09:36

    Diduga lelah piket 33 jam, dokter ini meninggal saat jalan pulang

    Dia ingin berkumpul dengan anak dan suaminya, karena saat hari kerja Nurul memutuskan tinggal di Kota Bharu.

    Feed.merdeka.com - Tubuh dan otak sangat butuh waktu untuk beristirahat dengan cukup. Jika tidak, akan membahayakan kesehatan anda. Itu sebabnya, sepadat apapun rutinitas, jangan lupa sisihkan waktu beristirahat.

    Jangan sampai kita mengalami kejadian seperti ini. Dikutip dari sinarharian.com, seorang dokter di Malaysia meninggal dunia saat perjalanan pulang usai on call selama 33 jam pada 8 Mei lalu. Dokter tersebut diketahui bernama Nurul Huda Ahmad (33).

    Cerita pilu ini bermula ketika Nurul Huda berniat pulang ke rumahnya di Kuala Terengganu untuk berlibur memanfaatkan cutinya. Dia ingin berkumpul dengan anak dan suaminya, karena saat hari kerja Nurul memutuskan tinggal di Kota Bharu.

    Namun takdir berkata lain. Dalam perjalanan pulang menuju rumahnya, dokter yang bertugas HUSM mengembuskan napas terakhir.

    Sejumlah lewat pernyataan bersama sejumlah pegawai dan kelompok non pemerintah yang bergerak di bidang kesehatan mengatakan, kejadian tragis yang dialami dokter setelah bertugas dalam jangka waktu cukup lama bukan kali ini saja terjadi.

    "Sebelumnya kami telah kehilangan rekan sekerjaan dr Afifah Mohd Gazi, sehingga sudah seharusnya diambil tindakan serius agar kejadian serupa tak kembali terulang," seperti yang tertulis dalam lembaran penyataan itu.

    "Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan peristiwa kecelakaan bermotor. Bisa karena kendaraan, jalan yang rusak atau gangguan lain. Tapi kita tidak bisa memungkiri bahwa kelelahan atau kurang tidur bisa menjadi salah satu penyebab dan seharusnya ini bisa dicegah."

    Lewat pernyataan itu, mereka mendesak Kementerian Kesehatan Malaysia dan pihak terkait agar meninjau kembali atau jika perlu mengubah kebijakan soal waktu bekerja seorang dokter dalam rangka mencegah atau mengurangi angka kecelakaan akibat terlalu lelah.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES