1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    31 Mei 2017 07:05

    Sederet fakta kenapa mandi air hangat tak boleh terlalu sering

    Ketika tubuh lelah dan pegal, mandi air hangat dianggap menjadi pertolongan pertama yang tujuannya membuat tubuh lebih rileks.

    Feed.merdeka.com - Ketika tubuh lelah dan pegal, mandi air hangat dianggap menjadi pertolongan pertama yang tujuannya membuat tubuh lebih rileks. Hangatnya air seolah membuat bagian tubuh yang kaku sedikit lebih lentur.

    Namun, dalam sejumlah studi yang dilakukan, mandi air hangat yang berlebihan bisa memberikan efek buruk untuk kesehatan. Khususnya bagi pria.

    Berikut ini dampak buruk mandi air hangat terlalu rutin:

    1. Mempengaruhi kesuburan kaum pria

    Pria yang senang mandi air hangat harus waspada. Sebab, tubuh yang terlalu sering kena air hangat dapat mempengaruhi kesuburan.

    Air panas ternyata dapat merusak sperma. Sebab sel sperma tidak bisa tahan terhadap panas. Sedangkan pria yang suka mandi air dingin akan memiliki jumlah sperma yang lebih banyak.

    2. Berisiko serangan jantung

    Studi lain juga menyebutkan, mandi air hangat di suhu udara yang dingin dapat menyebabkan risiko penyakit jantung.

    3. Merusak kulit

    Mandi dengan air hangat bagi sebagian orang sangat menyenangkan. Membuat tubuh lebih relaks. Namun jika terlalu sering, akan membahayakan kulit. Mandi air panas dapat merusak kelembapan kulit, hingga menyebabkan seperti kering, bersisik, retak-retak dan rusak.

    4. Membuat tekanan darah tidak stabil

    Mandi dengan air panas juga diketahui dalam membuat tekanan darah dalam tubuh tidak stabil. Panas yang berasal dari air dapat menyebabkan vasodilatasi.

    5. Menyebabkan kepala pusing

    Boleh saja jika anda menganggap mandi air panas membuat tubuh lebih relaks. Namun dalam sebuah studi menyebut, mandi air panas berlebihan dapat menyebabkan kepala pusing. Hal itu dikarenakan tekanan darah yang tidak stabil.

    Bahkan, penggunaan air panas saat mandi dapat menggangu sistem peredaran darah yang membuat anda merasa mual saat di bak mandi. Jika anda ingin berendam dengan air panas, sangat dianjurkan tidak dilakukan sesudah makan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES