1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TIPS


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    31 Mei 2017 08:05

    Banyak yang tidak sadar, air putih ternyata bisa basi

    Kata siapa air putih enggak bisa basi? Meski dimasak dan disimpan dalam botol, air putih atau air mineral tetap bisa bas juga lho.

    Feed.merdeka.com - Kata siapa air putih enggak bisa basi? Meski dimasak dan disimpan dalam botol, air putih atau air mineral tetap bisa bas juga lho.

    Inilah yang membuat banyak orang tidak menyadarinya. Usai dimasak, air tersebut ditaruh ke dalam wadah dan didiamkan sampai berhari-hari agar tak perlu lagi memasak air. Padahal, cara ini malah tidak baik.

    Berbeda dengan makanan, tingkat kebasian air putih sulit dideteksi sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Namun, ada cara mudah untuk mengetahuinya, mulai dari mengetahui lamanya penyimpanan air, hingga rasanya yang sudah berbeda.

    Jika tetap diminum, air tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan.

    Air yang sudah dimasak lalu didiamkan selama lebih dari 24 jam akan mengandung bahan berbahaya seperti karsinogen (nitrit). Sebab, air yang direbus sudah mengandung bantalan nitrogen. Bantalan nitrogen ini akan terurai menjadi nitrit jika didiamkan terlalu lama.

    Kondisi air makin parah ketika ada kandungan lain ikut tercampur dalam penyimpanan air. Misalnya wadah aluminium atau plastik. Khusus plastik jika terkena panas maka plastik tersebut akan meleleh dan bercampur dengan air.

    Bila kandungan dalam air yang basi ini terlanjur dikonsumsi dan terakumulasi dalam tubuh, maka biasanya seseorang akan merasa lemah, lesu, pusing, muntah, tekanan darah menurun, sakit perut, bahkan sampai hilang kesadaran.

    Nah, jangan lagi simpan air putih lama-lama ya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES