1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Zika    21 Agustus 2015 11:59

    Ayam Asal Indonesia Ini Berjuluk Lamborghini Hitam

    Ayam ini otentik bahkan di beberapa wilayah disebut memiliki kemampuan magis.

    Feed - Ayam ini berwarna hitam legam. Mulai dari ujung kepala hingga ujung tanduk di kakinya. Masyarakat Indonesia memanggilnya ayam cemani --diambil dari Bahasa Sansakerta yang berarti ‘hitam pekat’. Hitam di ayam ini bukan hanya di bagian luar, tapi juga hingga otot, tulang, dan organ-organ tubuh di dalamnya.

    via greenfirefarms.com

    Kepekatannya membuat cemani dijuluki sebagai "Lamborghini Hitam" --merujuk pada mobil pabrikan Italia yang ternama karena desainnya yang elegan dan kecepatannya yang luar biasa. Keunikannya bahkan memincut hati putra Kaisar Jepang, Pangeran Akhisino, yang sempat berkunjung ke laboratorium Institut Pertanian Bogor beberapa waktu lalu. 

    via Ayat S Karokaro, www.mongabay.co.id

    Keunikan ayam ini juga sudah menggema di dunia dan dibandrol dengan harga yang tidak sedikit. Dikutip dari Cemanifarms.com, satu ekor ayam cemani dihargai US$5.000 atau sekitar Rp69 jutaan dengan kurs satu dolar sama dengan Rp13.946. Mengapa bisa semahal itu? Karena ayam ini otentik bahkan di beberapa wilayah disebut memiliki kemampuan magis.

    via www.cemanifarms.com

    Lebih menggelitik lagi ketika melihat ayam ini sudah jadi masakan lezat. Ya, ayam hitam ini sering ditemukan sebagai menu dalam masakan China, India, dan Asia Tenggara. Meski warnanya hitam hingga ke tulang, rasanya tetaplah ayam biasa. Jadi, ada yang mau menjajal "Lamborgini Hitam"?

    Baca juga:

    5 Film Indonesia Berkualitas yang Layak Ditonton 

    6 Ungkapan Indonesia yang Kocak Kala Diterjemahkan 

    Alamak, Cantiknya Pilot-Pilot Wanita Indonesia

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES