1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Zika    20 Agustus 2015 16:29

    Tips Ketika Anak Berkata Kasar di Depan Orang Lain

    Tenangkan diri, jangan panik. Lihat panduan yang harus dilakukan ini.

    Feed - Ups, malu sekali rasanya ketika anak kesayangan Anda mengucap kata tidak pantas di hadapan orang lain. Rasanya, Anda tidak pernah mengajarkan kalimat sekasar itu padanya. Namun kenapa sekarang dia malah melantangkannya di khalayak umum? Tenangkan diri, jangan panik. Lihat panduan yang harus dilakukan ketika kondisi ini terjadi seperti dikutip dari Idiva.com

    Diamkan dulu
    Jangan bereaksi terhadap perkataan kasar yang diucapkannya. Sebab, anak punya kecenderungan mencoba berbagai hal baru dan melihat reaksi orang terhadapnya. Apabila Anda tidak menunjukkan rasa kesal, marah, atau penghargaan, maka dia akan segera melupakannya.

    Haram untuk tertawa
    Adalah haram besar ketika Anda terkekeh gemas ketika anak menelurkan kata kasar. Karena itu membuatnya berpikir kata kasar tersebut bersifat menghibur dan bakal mengulanginya lagi.

    Tidak usah bereaksi berlebihan
    Normal kalau Anda marah dengan perilakunya, tapi usahakan tetap tenang tanpa reaksi berlebihan. Reaksi macam ini hanya akan membuatnya malu dan menarik perhatian orang lain. Ia juga bisa menggunakan kata itu lagi hanya untuk mengganggu Anda.

    Perhatikan lingkungan
    Otak anak macam spons yang mudah menyerap apa pun yang berterbangan di sekitarnya. Maka itu pastikan bahwa orang-orang sekitar Anda tidak menggunakan kata kasar di depannya. Apabila ada tetangga yang demikian, Anda harus menjauhkan anak dari orang macam itu.

    Tawarkan kata alternatif
    Kalau anak Anda sudah agak besar, Anda bisa memilihkan kata lain yang lebih sopan untuk mewakili perasaannya. Daripada berkata (maaf) "goblok", tawarkan kata macam "tidak pintar".

    Minta maaf
    Jika Anda yang terselip lidah mengatakan kata kotor di depannya, Anda harus segera meminta maaf dengan lugas dan lantang. Dengan demikian dia paham kalau kata tersebut tidak sopan diucapkan.

    Baca juga:

    Bagaimana Cara Membedakan Anak Kembar Tiga? 

    10 Hal yang Hanya Dipahami Anak Indekos 

    3 Ucapan Orangtua Ini Hancurkan Kepercayaan Diri Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES