1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. J
  6.  » 
  7. JAM


  8. Reporter : Lia Harahap    20 Mei 2017 18:33

    Ada tulisan di jam anda, ternyata ini maksudnya

    Tulisan ini mungkin sering anda lihat. Biasanya terletak di bawah mereka jam yang ada pakai.

    Feed.merdeka.com - Jika anda selalu menggunakan jam tangan. Tulisan ini mungkin sering anda lihat. Biasanya terletak di bawah mereka jam yang ada pakai.

    Ya, tulisan yang dimaksud adalah QUARTZ. Meski sering melihatnya, namun tak banyak yang peduli makna dari tulisan itu. Padahal itu bukan sembarang tulisan.

    Dikutip dari jamtangan.com, ternyata, tulisan QUARTZ pada jam menunjukkan mesin yang digunakan dalam jam itu. Jam tangan dengan logo tulisan QUARTZ memiliki arti mesin yang digunakan pada jam tersebut sudah berbasis elektronik alias tidak manual.

    Mesin ini pertama kali ditemukan salah satu perusahaan jam kelas dunia Seiko pada tahun 1969. Saat itu, Seiko sekaligus meluncurkan jam mesin QUARTZ pertama yang diberi nama Astron.

    Terobosan Seiko saat itu sempat membuat banyak perusahaan jam tangan asal Swiss kolaps, bahkan beberapa di antaranya gulung tikar. Namun keadaan itu tak lama, karena perusahaan jam tangan asal Swiss kemudian bangkit dan ikut memproduksi jam dengan mesin quartz.

    Pada mesin quartz, energi yang dihasikan berasal darimana saja meski umumnya dari baterai. Tetapi pada akhirnya akan dikonversi menjadi energi listrik. Energi listrik inilah yang akan menggetarkan kristal quartz dengan frekuensi tertentu, sehingga kristal akan bergetar setiap detik dan menggerakan gerigi roda yang menggerakan jarum.

    Getaran kristal quartz juga dikontrol oleh micro chip, sehingga akan menghasilkan getaran yang konsisten. Sehingga akurasi jam tangan menjadi baik. Karena jarum digerakan oleh getaran kristal quartz, maka jarum pada mesin quartz akan bergerak per satu detik, jadi 1 beat per second.

    Mesin quartz ada beberapa jenis. Seperti quartz konvensional, solar quartz dan kinetic quartz. Sedangkan secara tampilan ada jam tangan quartz analog (dengan tampilan analog ) dan quartz digital (tampilan digital). Ada juga jam quartz yang mempunyai tampilan analog dan digital, disebut sebagai jam ana-digi.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES