1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. D
  6.  » 
  7. DIGIGIT BINATANG BUAS


  8. Reporter : Lia Harahap    20 Mei 2017 09:03

    Begini bahayanya jika sampai tergigit dan terkena air liur komodo

    Masih ingat cerita nahas wisatawan asal Singapura, Loh Lee Aik? Dia digigit hewan bernama varanus komodoensis alias Komodo itu pada Mei lalu.

    Feed.merdeka.com - Masih ingat cerita nahas wisatawan asal Singapura, Loh Lee Aik? Dia digigit hewan bernama varanus komodoensis alias komodo saat berwisata Taman Nasional Komodo pada awal Mei lalu.

    Loh Lee Aik digigit komodo saat memotret seorang diri tanpa ditemani ranger. Bagian betisnya mengalami luka yang cukup dalam meski hanya digigit komodo kecil.

    Beruntung Loh Lee masih selamat. Namun dia tetap dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

    Bicara soal komodo, mungkin Anda belum banyak tahu bahwa air liur yang dihasilkan komodo sangat berbahaya. Dalam sejumlah artiket disebutkan, air liur komodo menjadi berbahaya karena mengandung racun. Hal itu pula membuat hewan yang terperangkap dalam mulut seekor komodo menjadi lumpuh karena keracunan.

    Racun-racun itu berasal dari sekitar 50 bakteri yang bersarang di mulut komodo. Ditambah lagi, bakteri dalam jumlah banyak itu memiliki sifat patogenik yakni menginfeksi makhluk hidup sehingga menimbulkan efek sakit tertentu. Bahkan penelitian terbaru menyebut, bakteri itu berasal dari kesehatan gigi komodo yang sangat buruk sehingga memudahkan bakteri berkembang biak.

    Berkaca dari pengalaman wisatawan Singapura itu, kalian yang akan berlibur ke Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, harus lebih berhati-hati. Jangan sampai terkena air liur apalagi gigitan komodo.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES