1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Indra    31 Maret 2015 18:11

    “Menara Eiffel” Juga Ada di Indonesia

    Menara mirip Eiffel ini dibangun hanya selisih sepuluh tahun dari bangunan aslinya di Perancis.

    Feed - Perancis tak pernah bisa dilepaskan dari bangunan legendaris Menara Eiffel. Menara setinggi 324 meter itu sudah jadi bangunan ikonik yang mendunia sejak pembangunannya pertama kali.

    Hari ini, tepat 31 Maret 2015, menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine, Paris, itu merayakan momen 126 tahun sejak pertama kali dibuka untuk publik. Ya, Eiffel pertama kalinya bisa dilihat masyarakat umum pada 31 Maret 1889. Google bahkan ikut merayakannya dengan doodle yang khas.

    via Google

    Tapi tahukan Anda bahwa Menara Eiffel juga ada di Indonesia? Menara mirip Eiffel ini dibangun hanya selisih sepuluh tahun dari bangunan aslinya di Perancis. Seperti dilansir merdeka.com dan detik.com, berikut selengkapnya.

    Menara Eiffel di Gorontalo

    via gorontalopost.com

    Bangunan bernama Menara Keagungan Limboto ini letaknya di Limboto, Gorontalo, Sulawesi Utara. Konstruksi menara ini dibangun tahun 2001 dan jadi kebanggaan masyarakat Gorontalo. Tingginya mencapai 65 meter dengan lebar 21 meter dan terdiri dari lima lantai. Sama seperti bangunan tinggi lainnya, puncak menara ini juga disediakan teleskop untuk menikmati indahnya panorama kota Gorontalo dari ketinggian.

    Menara Eiffel di Tasikmalaya

    via merdeka.com

    Menara Eiffel yang jadi ikon populer dari Kota Paris ini ternyata pernah ada di Tasikmalaya. Replika Menara Eiffel itu punya tinggi sekitar 40 - 50 meter yang dibangun pada tahun 1898 di Tasikmalaya.

    Hebatnya, menara ini tidak dibangun menggunakan material besi atau baja. Menara yang dibuat untuk untuk menghormati penobatan Ratu Wilhelmina itu dibangun dengan bahan utama dari bambu. Sayangnya, keberadaan replika menakjubkan ini tak lagi bisa dijumpai.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES