1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    31 Maret 2015 13:24

    Cara Cegah Meningitis, Penyakit yang Menyerang Olga

    Meningitis masuk dalam kategori penyakit menular.

    Feed - Sakit bisa datang tiba-tiba, tak kenal waktu, tempat, dan siapa mereka. Itu sebabnya banyak dalil mengatakan kesehatan itu lebih penting dari segalanya. Seperti yang sudah kita ketahui, komedian kondang Olga Syahputra tutup usia karena terserang penyakit meningitis, penyakit yang menyerang lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

    Seperti dikutip dari doktersehat.com, penyakit meningitis bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal. Antara lainnya adalah.

    1. Vaksinasi

    via imperial.ac.uk

    Secara umum, meningitis banyak diderita oleh anak yang terinfeksi virus cacar air, polio, gondok, campak, rabies, dan rubella. Cara tepat untuk mencegahnya yakni dengan melakukan vaksinasi sejak usia dini untuk menghindari virus penyakit tersebut sekaligus menghindari meningitis.

    2. Hindari gigitan nyamuk

    via okezone.com

    Virus bisa menyebar dengan berbagai cara, termasuk dibawa oleh nyamuk. Untuk menghindarinya, rajinlah membasmi sarang nyamuk, membersihkan selokan, dan menyemprot bagian-bagian rumah yang rawan ditinggali nyamuk.

    3. Cuci tangan

    via discovery.com

    Menjaga kebersihan itu penting. Biasakan sebelum memulai aktivitas apapun dengan mencuci tangan hingga bersih dengan sabun atau air hangat agar terhindar dari bakteri dan virus penyakit seperti batuk, pilek, diare, dan meningitis.

    4. Disinfektan

    via adonis.com.tr

    Meningitis ini masuk dalam kategori penyakit menular. Cara penularannya pun tergolong sangat mudah. Anda yang memiliki kerabat penderita penyakit ini dianjurkan untuk tidak bersinggungan langsung dengan pasien. Baju yang Anda kenakan saat menjenguk mereka  dianjurkan untuk dicuci bersih dengan lebih dulu direndam dalam air hangat. Sedangkan untuk pencegahan paling dini, gunakan disinfektan. 

    Poinnya, menjaga kebersihan merupakan solusi tepat untuk menghindari segala penyakit, termasuk meningitis. Jadi biasakan hidup bersih untuk merasakan hidup sehat.

    Baca juga Mengenal Penyakit yang Diderita Olga Syahputra.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES