1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    30 Maret 2015 17:15

    4 Aktivitas Ringan Pencegah Pikun

    Ingat, demensia tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah.

    Feed - Demensia atau pikun menjadi penurunan kesehatan yang paling ditakuti oleh kaum lanjut usia, Sebab, demensia membuat memori indah hidup "menghilang" akibat penurunan kemampuan mental yang berkembang secara perlahan. Dikutip dari Medica Store, demensia akan amat terasa seiring dengan bertambahnya usia. Ia yang menderita demensia akan lupa hal-hal detail, bahkan lupa akan keseluruhan kejadian yang baru saja terjadi. Ingat, demensia tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah. Anda bisa melakukan empat macam aktivitas ringan berikut:

    via rolleto.com

    1. Latihan fisik
    Aktivitas fisik macam berjalan dan joging dihubungkan dengan berkurangnya risiko demensia. Semakin Anda aktif, semakin kecil risiko Anda mengalaminya. Studi menemukan bahwa mereka yang berolahraga selama tiga kali atau lebih dalam sepekan, berisiko lebih kecil mengalami demensia dibanding mereka yang jarang berolahraga. (Lihat juga Empat Hal Ini Buat Anda Cepat Pikun)

    via en.wikipedia.org

    2. Stimulasi mental
    Mulailah rajin mengerjakan teka-teka silang, puzzle, atau permainan apa pun yang bisa menstimulasi otak Anda untuk berpikir. Cobalah melakukan ini selama enam jam dalam sepekan untuk menurunkan risiko demensia. Hal ini sesuai dengan studi yang dilakukan tahun 2014 lalu yang melibatkan 5.000 orang pria, berusia 69 - 87 tahun di Australia. Mereka yang kerap menggunakan sambungan internet untuk aktivitas browsing, e-mail, baca-tulis, dan game, 40 persen berisiko lebih rendah menderita pikun selama 8,5 tahun ke depan.

    via womenswellnesscrmc.com

    3. Interaksi sosial
    Studi lain menyebut bahwa keterlibatan sosial punya peran penting dalam mencegah demensia. Interaksi dengan sesama manusia ternyata bisa mengurangi stres yang berujung pada kepikunan.

    via www.care2.com

    4. Makanan
    Mulai perhatikan asupan makan Anda. Pilih makanan kaya anti-oksidan yang dapat mencegah pembengkakan dan bisa meningkatkan kemampuan otak. Contohnya adalah buah-buahan jenis arbei dan makanan kaya asam lemak omega-3 macam salmon.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES