1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    17 Maret 2016 10:11

    7 Makanan Pelancar Produksi ASI

    Tidak perlu vitamin mahal, cukup rajin saja mengonsumsi ketujuh makanan berikut.

    Feed.merdeka.com - Setelah melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) merupakan hal yang paling utama diberikan untuk bayi. Namun, beberapa ibu memiliki masalah karena kekurangan pasokan ASI. Tapi tak perlu khawatir, beberapa makanan yang dikutip dari mom365.com berikut dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

    1. Oatmeal
    Oatmeal merupakan makanan untuk menambah pasokan ASI. Caranya hanya dengan menikmati semangkuk gandum hangat di pagi hari.

    2. Air
    Anda tidak perlu minum air tiga galon per hari, tetapi Anda harus cukup terhidrasi atau minum delapan gelas cairan setiap hari. Pada tahap awal menyusui, minum air adalah suatu keharusan.

    3. Bawang putih
    Tak perlu bumbu yang mahal dan sulit didapat, pasalnya bawang putih telah digunakan kaum ibu sejak berabad lalu untuk meningkatkan produksi ASI. Tambahkan porsi bawang putih pada masakan, tetapi jangan terlalu banyak karena akan menghasilkan rasa masakan yang kurang sedap. Jika tak suka dengan aroma berlebih dari bawang putih, kini sudah tersedia pil bawang putih yang diproduksi untuk pengobatan dan juga untuk ibu menyusui.

    4. Wortel
    Wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi dan dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Wortel juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bagus untuk ibu yang tengah menyusui.

    Menjadikan wortel sebagai camilan, adalah pilihan yang tepat. Kupas dan iris wortel kemudian simpan dalam lemari es dan jadikan camilan di sela-sela waktu senggang.

    5. Kacang
    Sebagian ibu yang baru melahirkan kadang mengalami stres. Solusinya, tarik napas dan ambil segenggam kacang dan nikmati sambil menonton televisi. Pilihan jenis kacang seperti kacang mede, almond, macademia adalah beberapa jenis kacang yang baik untuk menghasilkan produksi ASI yang berkualitas. Pilih kacang yang tidak digoreng dan tidak mengandung garam berlebih.

    6. Pepaya hijau atau muda
    Pepaya hijau adalah pepaya muda yang masih memiliki kulit berwarna hijau. Di Asia, pepaya muda ini banyak dijadikan olahan makanan misalnya di Thailand yang dijadikan salad pepaya.

    Jika tidak suka melahapnya dalam keadaan mentah, cobalah untuk mengolahnya dengan cara ditumis atau dikukus. Pepaya bagus untuk melancarkan sirkulasi ASI.

    7. Jahe
    Jangan sia-siakan sisa jahe yang ada di dapur karena bumbu dapur ini memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui. Selain menghangatkan tubuh ibu, jahe juga terbukti membantu menghasilkan ASI yang lebih berkualitas.

    Baca juga:

    8 Inspirasi Nama Bayi dari Kaum Cendekia Dunia

    5 Jenis Minyak yang Aman untuk Memijat Bayi

    Bahaya Minum Air Putih bagi Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

    10 Nama Bayi Perempuan Tercantik di 2016

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES